TOP NEWS

Top

Diskominfo Samarinda Lakukan UAT 3 Aplikasi Milik OPD

Diskominfo Samarinda Lakukan UAT 3 Aplikasi Milik OPD

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Implementasi dari Perwali Samarinda tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), maka sebanyak 3 aplikasi dari tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kota Samarinda, Rabu (5/1/2021) melakukan User Acceptance Test (UAT) atau uji coba oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Samarinda.

UAT aplikasi OPD ini berlangsung di ruang bidang Aplikasi dan Layanan E-Government gedung Diskominfo komplek Balai Kota.

Kepala Bidang Aplikasi dan Layanan E-Government Diskominfo Samarinda, Suparmin menjelaskan ada tiga aplikasi dari tiga OPD, yakni aplikasi SIDAMAR alias Sistem Informasi Pengendalian Pencemaran di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda.

Kemudian, aplikasi Geoportal Samarinda data berbasis peta dari Bappeda Samarinda, dan aplikasi Co Location WD My Cloud Dokpim alias manajemen pengarsipan data pada Bagian Administrasi Pimpinan (Adpim) Sekretariat Daerah kota Samarinda.


“Ketiga aplikasi sudah kita ujicobakan oleh programer Diskominfo dan dinyatakan telah sesuai prosesur dan dapat diterima Dinas Kominfo Samarinda,” terang Suparmin didampingi Programer Diskominfo Samarinda Alfi Haryadi.

Menurut Suparmin, UAT ini dilakukan agar siklusnya lengkap dan juga nanti terintegrasi di Pemerintah Kota Samarinda.

“Karena kewajiban sesuai Perpres ini harus terintegrasi. Kita Samarinda juga punya aplikasi Samarinda Santer alias satu aplikasi terintegrasi,” tegas Suparmin yang juga didampingi Pranata Komputer Dadi Sutrisno dan Rizal Rahadi.

Perwakilan dari OPD yang mengajukan UAT aplikasi yang hadir dari Bappeda Pembuat Dokumen Armadhani, DLH pembuat Dokumen Rosana dan Kabag Adpim Setda kota Samarinda Idfi Septiani.(DON/CHA/KMF-SMD).