TOP NEWS

Top

Diskominfo Gelar Kick Off Meeting kegiatan Information Technology Security Assessment

Diskominfo Gelar Kick Off Meeting kegiatan Information Technology Security Assessment

SAMARINDA, KOMINFONEWS- Dinas Komunikasi dan  Informatika (Diskominfo) kota Samarinda melalui Bidang Persandian dan Statistik menyelenggarakan Kick off Meeting kegiatan Information Technology Security Assessment (ITSA) atau identifikasi kerentanan dan penilaian risiko pada suatu sistem, Selasa (04/10/2022). 

Acara yang bertempat di Ruang Command Center Dinas Komunikasi dan Informatika tersebut Dihadiri Kadis Kominfo, Tim ITSA BSSN, Tim IT Bapenda, Tim IT DPMPTSP, Bidang Aplikasi dan Layanan E-Goverment Diskominfo Kota Samarinda, Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfo Kota Samarinda, Perwakilan Inspektur Daerah Kota Samarinda dan Seksi Persandian Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Kota Samarinda.

Kegiatan ITSA atau identifikasi kerentanan dan penilaian risiko pada suatu sistem (server aplikasi web dan mobile) yang berpotensi menimbulkan kerugian bagi organisasi, dilaksanakan berkerjasama dengan BSSN (Badan Siber Sandi Negara).  Ada 3 orang personil dari BSSN yang terlibat dalam Assessment ini.


Mereka adalah daniel Melando, S.ST, Sandiman Pertama pada Direktorat Operasi Keamanan Siber, Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi (Kelompok/Fungsi Operasi Identifikasi dan Proteksi). Kemudian Meilita Karenda Putri, S.Tr.Kom, analis tata Kelola Kemanan Siber pada Direktorat Operasi Keamanan Siber, Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi (Kelompok/Fungsi Operasi Identifikasi dan Proteksi). Serta Aldino Dika Pratama, S.Tr.Kom, Analis Pertahanan Siber pada Direktorat Operasi Keamanan Siber, Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber dan Sandi (Kelompok/Fungsi Operasi Identifikasi dan Proteksi).  

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kota Samarinda Dr. Aji Syarif Hidayatullah, M.Psi mengatakan bahwa Diskominfo saat ini terus berbenah dan melakukan peningkatan dalam mengamankan data yang dimiliki oleh pemerintah kota Samarinda. Oleh karenanya kegiatan ini sangat penting sebagai bagian dari usaha tersebut.


"Demi keamanan data bahkan kami berusaha secara maksimal, diantaranya  dengan menggunakan tiga lapis backup," ujar Aji Syarif Hidayatullah saat membuka kegiatan ini.

Kepala Diskominfo menuturkan bahwa pengamanan data merupakan bagian yang sangat penting di era digital saat ini. Apalagi dengan kasus Hacker Bjorka yang belakangan ini heboh di media, menjadi pelajaran bagi kita semua akan pentingnya memperhatikan sistem keamanan website. Apalagi website pemerintah daerah yang tentunya memuat data-data sangat penting.


Sementara itu Kabid E-Gov Diskominfo, Suparmin menyampaikan  ucapan terima kasihnya kepada  tim dari BSSN yang telah bersedia meluangkan waktu untuk datang ke Kota Samarinda disela-sela kepadatan dan kesibukan

"Saya mengetahui bahwa petugas BSSN untuk bisa datang ke daerah perlu antri dari banyak pengajuan dari seluruh kota di Indonesia. ITSA maupun VA sangat penting guna menjaga keamanan data suatu aplikasi, sehingga kedepannya pada prosedur UAT Aplikasi yang kami jalankan, kami akan mencoba menambahkan pemeriksaan VA dan jika memungkinkan pemeriksaan secara ITSA,"ujar Suparmin.

Menurut dia, Diskominfo Kota Samarinda sudah banyak memiliki sumber daya manusia yang memiliki keahlian programmer, sehingga bisa dikembangkan menjadi Tim Pelaksana VA maupun ITSA untuk kebutuhan internal, namun sayangnya minim Bimtek yang tersedia. Dia berharap  BSSN bisa memberikannya baik secara daring atau luring yang bisa di ikuti oleh pegawai daerah.

Ronny Tiaka dari Bidang Persandian dan Statistik juga mengungkapkan rasa terimakasihnya baik kepada Tim dari BSSN maupun OPD lain di Lingkungan Pemkot Samarinda yang dalam kesempatan ini turut hadir memenuhi undangannya.

"Kami Diskominfo berterima kasih, bahwa teman-teman dari TIM IT  Bapenda yang membawa aplikasi SIMPAD, DPMPTSP untuk aplikasi SIPO dan juga perwakilan dari Inspetur Daerah yang telah bersedia hadir di acara pagi ini. Setelah ini TIM BSSN akan bekerja secara mandiri hingga besok, bapak-bapak diharapkan bisa hadir kembali dihari kamis pada tanggal 6 oktober untuk melihat paparan hasil pemeriksaan hari ini" Pungkas Ronny Tiaka.  (ASYA/KMF-SMR)