Perkuat Panggilan Darurat 112, Call Taker Dibekali Public Speaking dan Pelatihan BHD

Post By : Henda Created : 3 months ago Jurnalis : Setiabudi, Doni

SAMARINDA. Lengkapnya peralatan yang dimiliki Call Taker Panggilan Darurat 112 dalam menjalankan tugas,  masih dirasa belum cukup. Cara berkomunikasi dengan tutur bahasa yang baik sangat membantu dalam menerima panggilan darurat dari masyarakat yang membutuhkannya. Guna meningkatkan pelayanan yang prima, pekan tadi dilakukan pelatihan Public Speaking bagi Call Taker 112 di ruang Command Center Diskominfo Samarinda.


“Call Taker harus mengerti bagaimana cara menangani masyarakat yang mengalami kejadian agar tidak panik dan memberikan informasi yang akurat,” tutur Plh Kadis Kominfo kota Samarinda, Kumarul Zaman ketika membuka pelatihan.

Dijelaskan, pelatihan Public Speaking ini diperuntukkan bagi anggota Call Taker dalam menambah wawasan, khususnya bidang komunikasi. Pelatihan dengan narasumber Widyanto diikuti 16 peserta dari Diskominfo, Damkar, Dinas Kesehatan, para relawan dan Satpol PP. 

Tak cukup disini, keesokan harinya, Diskominfo juga menggelar pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) bagi relawan Ambulance diikuti 11 peserta dari berbagai relawan yang ada di kota Samarinda. Pelatihan ini diperuntukkan bagi mereka yang tergabung dalam Panggilan Darurat 112 dengan tujuan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan relawan dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, pelatihan ini untuk mengambil tindakan, apa yang harus dilakukan apabila menjemput pasien, serta pengetahuan lalu-lintas bagi pengemudi ambulance. (KMF)

Penulis : Setiabudi —Editor:Doni