Di Bawaslu, Kupas Pentingnya Pengelolaan PPID Bagi Badan Publik

Post By : Henda Created : 2 months ago Jurnalis : Nadya, Doni

SAMARINDA. Pentingnya Keterbukaan Informasi Publik dan Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Samarinda menghadirkan Komisi Informasi (KI) Provinsi Kaltim dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Samarinda.

Kegiatan yang digelar di sekretariat Bawaslu Kota Samarinda Jl Arjuna belum lama ini dalam rangka Optimalisasi Keterbukaan Informasi Publik, serta Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Samarinda Tahun 2020.

Tampil sebagai narasumber Ketua KI Provinsi Kaltim M Khaidir Ali dan Kabid Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID) Diskominfo Kota Samarinda  Euis Eka April Yani yang memaparkan mengenai pentingnya keterbukaan informasi dan juga pengelolaan PPID dalam Badan Publik.

“PPID bukanlah tugas PPID Utama saja, melainkan kerja bersama antara PPID utama dan pembantu. Adapun sarana dan prasarana dalam pelayanan informasi publik harus terpenuhi dengan adanya website yang kreatif dan informatif. Selain itu, menyajikan data secara lengkap", ungkap Euis yang hadir bersama Kasi Layanan Informasi dan PPID Ernawati.

Sehingga sebutnya, masyarakat baik perorangan maupun yang mewakili organisasi atau badan dapat melakukan permohonan informasi melalui online. 

“Kami selaku PPID Utama memberikan pelayanan prima melalui layanan front desk, menyebarkan brosur, juga melalui tatap muka ataupun sosialisasi. Sosial media yang aktif dan selalu update juga menjadi hal penting. PPID Utama Kota Samarinda sendiri sudah memiliki laman Instagram, Twitter dan Facebook resmi,” tegas Euis.

Oleh karena itu lanjutnya, OPD maupun Badan Publik wajib menjalankan prinsip keterbukaan publik. Apalagi dalam pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Samarinda Tahun 2020 ini.

Sementara itu, Koordiv. Hukum, Humas dan Hubal Bawaslu Kota Samarinda Daini Rahmat menekankan bahwa netralitas ASN dalam Pilwali kali ini harus terjaga. (KMF)

Penulis: Nadya —Editor: Doni