TOP NEWS

Top

Samarinda Ikut Pecahkan Rekor MURI Nasional dan Dunia Lomba Marandang dan Buat Teh Talua, Ikut Bersama Menerima Piagam di Panggung

Samarinda Ikut Pecahkan Rekor MURI Nasional dan Dunia Lomba Marandang dan Buat Teh Talua, Ikut Bersama Menerima Piagam di Panggung

PADANG.KOMINFONEWS - Pemerintah Kota dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kota Samarinda ikut andil dalam memecahkan Rekor MURI dan dunia Lomba Marandang dan Membuat Teh Talua pada Rakernas XV APEKSI 2022 di kota Padang, Selasa (9/8/2022).

Piagam Rekor MURI diserahkan langsung Wakil Direktur Operasional MURI Awan Rahargo kepada ketua Dewan APEKSI Bima Arya dan Wali Kota Padang Hendri Septa di pantai Purus Padang.

Pemkot Samarinda yang diwakili Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian kota Samarinda dan selaku ketua Harian Dekranasda kota Samarinda Dr Ibnu Araby bersama isteri diminta ikut naik ke panggung sambil membawa teh Talua racikan tangannya bersama isteri Ida Rahmawati.

Menariknya lagi Ibnu dan isteri mengenakan pakaian dan ornamen khas Dayak. Hal ini juga menjadi nilai plus selama kegiatan berlangsung.


Samarinda kembali menjadi favorit, stand meja pun acapkali menjadi daya tarik pengunjung yang minta diabadikan bersama.

“Konsep ini sesuai arahan dari ketua umum Dekranasda kota Samarind Ibu Hj Rinda Andi Harun, yang kebetulan di hari ini sedang perjalanan untuk menghadiri agenda yang penting juga, sehingga kami diminta untuk mewakili Pak Wali Kota dan ibu ketua Dekranasda kota Samarinda,” terang Ibnu.

Tak hanya diserbu untuk berfoto, Ibnu juga tampak rela meladeni beberapa mitra pers dari berbagai media berkali-kali sekaligus ada pula yang minta berfoto bersama.

Sebelumnya Awan Rahargo mengatakan ada dua peristiwa budaya yang dilakukan di Kota Padang yang menjadi atensi dari MURI.


Menurutnya Marandang dan membuat teh talua yang disajikan wali kota dan istri menjadi hal yang unik.

“Dengan bangga MURI diserahkan, tidak hanya rekor nasional tapi juga rekor dunia," ungkapnya. 

Adapun pesertanya adalah para wali kota dan isteri dari 96 kota se Indonesia yang menghadiri Rakernas XV APEKSI tahun 2022 di kota Padang.(DON/KMF-SMR)