TOP NEWS

Top

Kadis Kominfo Terima Kunjungan Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional

Kadis Kominfo Terima Kunjungan Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional

SAMARINDA, KOMINFONEWS- Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (WANTIKNAS) mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda, Selasa (08/11/2022). Rombongan yang dipimpin oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hari Santosa Sunkari ini mengadakan pertemuan dengan jajaran Diskominfo kota Samarinda dan berbincang tentang berbagai hal mengenai Teknologi Informasi yang telah dan akan diterapkan di daerah ini.

Kepala Diskominfo Kota Samarinda Dr Aji Syarif Hidayatullah, S.Sos, M.Psi didampingi Skretaris Diskominfo Dian Ruhendra, ST, MM dan beberapa pajabat di OPD ini menerima tim WANTIKNAS di ruang kerjanya. Beberapa pejabat Diskominfo Provinsi Kaltim juga tampak hadir dalam pertemuan yang meski membicarakan berbagai hal serius namun berlangsung santai dan dalam suasana penuh kekeluargaan ini. 

Aji Syarif Hidayatullah memaparkan berbagai terobosan di bidang teknologi informasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Samarinda. Sebagai salah satu kota penyangga utama Ibu Kota Negara (IKN), Samarinda ujarnya terus melakukan pembenahan dalam berbagai hal, terutama dalam pemanfaatan teknologi imformasi guna lebih memudahkan pelayanan kepada masyarakat.


Sementara itu Hari Santosa Sunkari kepada Kominfonews mengatakan bahwa kedatangan tim ini bertujuan untuk memastikan adanya transformasi digital di seluruh Indonesia, salah satunya di Samarinda. Kaitannya dengan Ibu Kota Negara (IKN), Samarinda merupakan kota penopang, itu juga harus disiapkan untuk nanti bisa berkolaborasi dengan IKN.

"Tadi pak Kadis sudah menceritakan banyak. Bukan hanya bicara tentang teknologi informasi, tapi juga tentang penyipan SDM (Sumber Daya Manusia)," tutur Hari Santosa. Karena menurut dia sebagai kota penopang, SDM Samarinda harus disiapkan juga untuk mendukung terjadinya ransformasi digital. Jadi mau tidak mau, nanti IKN akan menjadi contoh transformasi digital paling maju, tentu yang paling harus bisa mengikutinya adalah Samarinda. 

"Saya lihat Samarinda, kesiapannya sudah ada. Bukan hanya teknologi informasi namun juga SDM. Karena pada akhirnya dalam transformasi digital, sebagian besar adalah paradigma yang harus disiapkan oleh SDM yang ada," lanjut Hari. Dia menambahan bahwa cara kita bekerja di pemerintahan, mindsetnya berubah. Dari tadinya orang yang datang untuk meminta kepada kita di pemerintahan, kita balik, kitalah yang melayani mereka.


Tentu ujarnya, kita tidak bisa melayani sekian juta orang tanpa adanya teknologi informasi. Sehingga nanti, orang bertemu itu tidak mesti secara fisik seperti yang terjadi sekarang ini. Tidak perlu bertemu tapi pelayanan bisa berjalan, sehingga masyarakat merasakan mudahnya pelayanan. Dan yang tak kalah pentingnya adalah dunia usaha sehingga investasi terjadi di sini dan membuka lapangan kerja baru, hingga PAD juga jadi meningkat.

Seusai melakukan pertemuan di ruang Kepala Dinas Kominfo, rombongan dari Jakarta ini kemudian diajak oleh Kadiskominfo untuk meninjau Command Center Diskominfo yang selama ini menjadi pusat komando terhadap bebagai aktifitas yang berhubungan dengan teknologi informasi bahkan kedaruratan dan tanggap bencana.(ASYA/KMF-SMR)