TOP NEWS

Top

Rusmadi : Cerdaskan Anak Bangsa dengan Membaca dan Literasi

Rusmadi : Cerdaskan Anak Bangsa dengan Membaca dan Literasi

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda melalui Dinas Perpustakaan terus berupaya meningkatkan pembudayaan kegiatan membaca sesuai dengan karakteristik daerah. Seperti pegiat literasi individu atau kelompok yang secara sukarelawan, dimana ditemui Wakil Wali Kota Samarinda Dr Rusmadi di ruang kerjanya Kompleks Balaikota, Senin (3/1/2022) untuk mengelola gerakan literasi bagi keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat.

Rusmadi menyampaikan, perpustakaan merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan anak bangsa, yang juga memiliki peran penting penguasaan ilmu pengetahuan sekaligus menjadi tempat rekreasi menyenangkan dan menyegarkan bagi masyarakat dan anak-anak yang datang ke perpustakaan.

“Mencerdaskan kehidupan bangsa melalui peningkatan minat dan kegemaran membaca dan literasi (Reading Society) serta mendorong budaya belajar (Learning Society) sepanjang hayat. Dan dengan dibentuknya GPMB (Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca)


diharapkan dapat menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca masyarakat, membangkitkan semangat dan kemauan untuk membaca dan menjadikan membaca sebagai budaya di masyarakat,” beber Rusmadi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan Nur Hikmah membeberkan, mengacu usulan kepengurusan saerah GPMB Provinsi Kalimantan Timur (Prov Kaltim) untuk segera Kota Samarinda membuat kepengurusan periode baru GPBM.

“GPMB suatu organisasi sosial kemasyarakatan yang bersifat independen dan bukan politik yang merupakan wadah untuk menggerakkan peningkatan minat baca masyarakat, dengan dibentuknya kepengurusan baru GPMB diharapkan dapat menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca dan menjadikan membaca sebagai budaya masyarakat,” jelasnya. (FAN/DON/KMF-SMD)