TOP NEWS

Top

Diadakan Swadaya, Wali Kota Apresiasi Pemakaman YRKN Teluk Lerong Ulu

Diadakan Swadaya, Wali Kota Apresiasi Pemakaman YRKN Teluk Lerong Ulu

SAMARINDA.KOMINFONEWS -  Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun mengapresiasi tanah Pemakaman Yayasan Rukun Kematian (YRKN) kelurahan Teluk Lerong Ulu di lahan pemakaman Sekumpul kelurahan Bukit Pinang  kecamatan Samarinda Ulu, yang diadakan warga secara swadaya.

Hal ini disampaikan Andi Harun saat peresmian, Sabtu (25/06/2022) pagi tadi.

Andi Harun  mengatakan kawasan pemakaman umum kaum muslimin di kota Samarinda saat ini memang kian memprihatinkan, utamanya yang berada di kawasan perkotaan.

Bahkan lanjutnya beberapa diantaranya sudah tidak layak lagi dipergunakan untuk penambahan pemakaman baru, sehingga perlu dilakukan penutupan dan dicarikan lahan pengganti.


"Saya atas nama pemerintah kota Samarinda sangat mengapresiasi adanya langkah yang dilakukan oleh Yayasan Rukun Kematian (YRKN) kelurahan Teluk Lerong Ulu yang telah mengupayakan pengadaan lahan pemakaman baru untuk warganya,” imbuh Andi Harun.

Untuk jajaran pengurus yayasan pesannya dengan adanya keberadaan lahan pemakaman baru ini agar bisa dikelola dengan baik, sehingga bisa menjadi suatu  kawasan yang refresentatif baik untuk prosesi pemakaman diri dan juga kenyamanan serta keamanan penjiarah.

Diakhir sambutannya Andi Harun memberikan bantuan dari Pemkot Samarinda dan juga memberikan bantuan dengan dana pribadi untuk pengadaan lahan pemakaman YRKN Kelurahan Teluk Lerong Ulu.

Ketua Yayasan Rukun Kematian Jarnawi Kesuma menceritakan awal mula gagasan pengadaan lahan pemakaman ini dikarenakan kurangnya area pemakaman di wilayah Kelurahan Teluk Lerong Ulu sedangkan pemakaman yang ada sudah padat.

“Tanah yang akan dipergunakan untuk lahan pemakaman YRKN seluas 2.2 hektar dan dibeli dengan cara swadaya anggota rukun kematian kelurahan Teluk Lerong Ulu,” bebernya.(EKO/DON/KMF-SMR)