TOP NEWS

Top

Sambut HUT Kota Samarinda, PEMKOT Siapkan Probebaya Award

Sambut HUT Kota Samarinda, PEMKOT Siapkan Probebaya Award

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Pemerintah Kota Samarinda menggelar Rapat Sosialisasi Pelaksanaan Probebaya Award Tahun 2022 di Ruang Rapat Sembuyutan, Balaikota, Selasa (29/11/2022).

Probebaya Award sendiri adalah penghargaan dari Pemerintah Daerah kepada Rukun Tetangga (RT) atas keberhasilan pelaksanaan Probebaya sesuai dengan Indikator Penilaian yang telah ditetapkan.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Kota Samarinda, Arif Surochman menyampaikan tujuan dilaksanakannya Probebaya Award ini untuk meningkatkan semangat RT dalam melaksanakan Probebaya dan meningkatkan kreatifitas RT dalam melaksanakan Probebaya serta mendorong peran serta masyarakat.

Untuk kategori kegiatannya, lanjut Arif, Probebaya Award tersebut dibagi menjadi dua, yakni Bidang Infrastruktur dan Bidang Non Infrastruktur. Pelaksanaan kegiatan Probebaya Award ini penilaiannya didasarkan kepada empat indikator yang merupakan prinsip-prinsip pelaksanaan Probebaya sebagaimana diamanatkan didalam Perwali tentang pedomen teknis pelaksanaan.

"Indikator penilaiannya yang pertama transparan, kedua partisipatif, ketiga akuntabel dan keempat berkelanjutan," tuturnya.


Berdasarkan definisi didalam Perwali No 11 Tahun 2022, Transparan adalah seluruh kegiatan dapat diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat dengan mudah dan terbuka di wilayah RT, kemudian partisipatif adalah seluruh anggota dilingkungan RT berperan aktif dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pelestarian kegiatan dengan berpegang teguh bahwa rembug warga sebagai pengambilan keputusan tertinggi. Sedangkan akuntabel artinya seluruh pelaksanaan kegiatan wajib dipertanggung jawabkan secara administratif, teknis dan hukum, dan yang terakhir yakni berkelanjutan adalah bahwa manfaat hasil kegiatan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan berkesinambungan.

Terkait dengan tahapan penilaian, Arif menjelaskan akan ada tiga tahap dalam penilaian Probebaya Award tersebut yakni tahap pertama penilaian di tingkat Kelurahan, tahap kedua di tingkat Kecamatan dan tahap ketiga di tingkat Kota.

Untuk penilaian di tingkat Kelurahan, sambung Arif, akan dimulai pada tanggal 15 Desember 2022 - 25 Desember, hasil dari tingkat Kelurahan kemudian akan dikirim ke tingkat Kecamatan dan dilakukan penilaian pada tanggal 26 Desember - 31 Desember 2022 dan selanjutkan hasil dari penilaian di tingkat Kecamatan nantinya pada tanggal 2 Januari 2023 - 11 Januari 2023 akan dilakukan penilaian oleh tim di tingkat Kota.

"Tata cara penilaian dilakukan dengan cara Skoring. Skoring adalah penjumlahan dari nilai tiap indikator tersebut, dari Transparan,  Partisipatif, Akuntabel dan Berkelanjutan," ucapnya.

Untuk penetapan juara nantinya tim dari tingkat Kota akan memilih lima RT terbaik dari setiap kategori akan ditetapkan sebagai nominator penerima Probebaya Award. Kemudian satu RT terbaik dari 5 (lima) nominator tiap kategori akan ditetapkan sebagai penerima Probebaya Award yang akan diserahkan pada saat Hari Ulang Tahun Kota Samarinda pada Bulan Januari tahun 2023.

Pada gelaran rapat sosialisasi pelaksanaan Probebaya Award ini, juga dilakukan sesi diskusi dari Camat dan Lurah terkait teknis dan kendala-kendala yang akan dihadapi saat pelaksanaan penilaian. (FER/KMF-SMR)