TOP NEWS

Top

Rusmadi Ikuti Rakernis APEKSI di Makassar, Bahas OSS hingga Rencana Penghapusan Honorer

Rusmadi Ikuti Rakernis APEKSI di Makassar, Bahas OSS hingga Rencana Penghapusan Honorer

MAKASSAR.KOMINFONEWS - Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi mengikuti Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Asosiasi Pemerintah Kota seluruh Indonesia (Apeksi).

Dalam pertemuan wali kota seluruh Indonesia ini membahas agenda penting untuk kemajuan Indonesia yang telah dibuka di Four Point By Sheraton Hotel, Senin (7/11/2022).

Setidaknya ada 64 kota se-Indonesia menghadiri Rakernis Apeksi di Makassar. Pembukaan dipimpin oleh Wali Kota Bogor sebagai Ketua Umum Apeksi, Bima Arya. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman juga turut hadir dalam pembukaan ini.

Bima Arya mengatakan, tiga tahun ini (2022-2024) akan menjadi masa transisi untuk menuju Indonesia emas. Untuk menuju kesana, Apeksi punya banyak modal namun harus dicermati agar targetnya bisa tercapai. "Kita punya banyak modal tetapi kalau kita tidak cermati masa transisi ini maka target tidak akan didapat dengan baik," ucapnya.


Yang harus dilakukan, lanjutnya yakni antisipasi menghadapi resesi tahun mendatang. Selanjutnya mencermati kebijakan pemerintah pusat agar sesuai target Undang-undang Cipta Kerja. Termasuk kebijakan lainnya yang diserukan. Seperti sistem perizinan berbasis teknologi atau online single subbmisssion (OSS) hingga rencana penghapusan honorer.

"Banyak sekali yang harus dicermati. Bukan kita berbeda dengan pemerintah, justru kita ingin kerja-kerja itu berjalan mulus, kalau tidak mulus maka kita akan melakukan evaluasi untuk perbaikan," ujarnya.

Tuan rumah Rakernis Apeksi Wali Kota Makassar Danny Pomanto menyampaikan, rakernis ini menjadi ajang untuk berbagai dengan sesama pemerintah kota.

Salah satu rangkaian Rakernis Apeksi ialah Makassar Investment Forum merupakan ajang untuk mempertemukan para investor dengan pemerintah kota se indonesia dan 24 daerah di Sulsel.


"Makanya saya bikin Investment forum untuk Apeksi, selama ini kita bikin untuk Makassar, kali ini untuk Indonesia kami buka peluang siapapun yang berminat kita fasilitasi. Indonesia butuh kolaborasi yang kuat menghadapi tantangan yang cukup berat," paparnya.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan, agenda ini sangat penting karena kota menjadi salah satu wilayah yang memberi kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi.

"Karena padatnya penduduknya dan menjadi barometer di semua wilayah, khususnya perekonomian Karana sharenya bisa sampai 30-40 persen," katanya.

Sementara Pemkot Samarinda yang diwakili oleh wakil wali kota Dr. H Rusmadi menyatakan Rakernis kali ini adalah salah satu forum yang membahas segala sesuatu tentang tata kelola pemerintahan serta permasalahan yang dihadapi daerah untuk disampaikan ke pusat. 

“Harapan kita, apa yang menjadi target di Apeksi ini bisa tercapai,” imbuhnya.


Diketahui, Rakernis Nasional Apeksi 2022 berlangsung 7-9 November 2022. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Deputi Bidang SDM Aparatur Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara (Menpan-RB) Alex Denni.

Rakernis Apeksi 2022 akan diparalelkan dengan beberapa kegiatan seperti Makassar Investment Forum dan HUT ke - 415 Tahun Kota Makassar.

Termasuk City Tour ke Lorong Wisata yang merupakan program unggulan Pemkot Makassar. Turut hadir mendampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ridwan Tassa. (ZUL/KMF-SMR)