TOP NEWS

Top

Pimpin Rapat Inflasi, Wawali Akui Pasca Lebaran Harga Kebutuhan Pokok Mulai Kembali Normal

Pimpin Rapat Inflasi, Wawali Akui Pasca Lebaran Harga Kebutuhan Pokok Mulai Kembali Normal

SAMARINDA.KOMINFONEWS-Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi kembali memimpin rapat pengendalian inflasi pasca Hari Raya Idul Fitri 2023. Rapat yang berlangsung Selasa  (2/5/2023) siang, di gedung Balai Kota ini membahas monitoring terhadap ketersediaan bahan pokok serta mengantisipasi adanya gangguan yang bisa mempengaruhi kenaikan harga bahan pokok pasca Lebaran kemarin.

β€œAlhamdulillah hasil laporan dari Dinas Perdagangan sejumlah harga bahan pokok kini sudah kembali normal kecuali untuk cabai dan bawang merah yang perlu menjadi konsen kita bersama,”kata Wawali.


Meski demikian, Rusmadi menambahkan, saat ini kondisi di pasar memang belum sepenuhnya normal. Oleh itu ia berpesan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Perdagangan untuk tetap memiliki langkah terstruktur dengan tetap melakukan operasi pasar murah dan pasar tani dengan melihat momentum penting dalam membantu warga memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

β€œKarena setelah Idul Fitri masih ada momentum Idul Adha menanti. Pastikan stok bahan pokok penting tersedia aman untuk dua hingga tiga bulan kedepan, salah satunya beras,”pesannya.

Tak itu saja, dalam mendukung penguatan ekonomi ditengah masyarakat, Wawali juga meminta kepada Dinas Koperasi dan UMKM agar terus gencar melakukan program kegiatan kemandirian ekonomi berupa pelatihan kewirausaha dan bantuan peralatan kerja yang diarahkan ke warga kurang mampu. Sehingga pengembangan produktivitas ditengah masyarakat bisa terus meningkat hingga ujungnya berdampak terhadap signifikan pada penurunan angka tingkat pengangguran. (CHA/KMF-SMR)