TOP NEWS

Top

MTQ Ke-43 Tingkat Kota Samarinda, Andi Harun Lantik 79 Dewan Hakim dan Panitera

MTQ Ke-43 Tingkat Kota Samarinda, Andi Harun Lantik 79 Dewan Hakim dan Panitera

SAMARINDA.KOMINFONEWS- Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun melantik dan mengambil sumpah 79 Dewan Hakim dan Panitera MTQ ke-43 Tingkat kota Samarinda yang berlangsung di gedung pembelajaran terpadu MAN 2 Samarinda, Senin (24/1/2022) sore.

Pelaksanaan MTQ tingkat kota tahun 2022 sendiri rencana dibuka resmi pada Sabtu, 29 Januari nanti di halaman GOR Segiri Samarinda.

Wali Kota dalam sambutannya sore itu mengingatkan kepada dewan hakim yang telah dilantik harus bekerja profesional dan harus tanggung jawab moral. Sehingga penilaian dan keputusan dewan hakim MTQ nanti harus bersifat mutlak, final dan mengikat bagi seluruh peserta dan tidak dapat digugat.

“Saya berpesan dewan hakim harus betul-betul cermat, jujur, adil, transparan dan obyektif dalam memberikan penilaian, sebagaimana janji yang baru diucapkan,”sebutnya.

Selain itu, Wali Kota Samarinda ini juga berharap agar pelaksaan MTQ tahun ini bisa berlangsung lancar dan bisa menjadi kompetisi yang berkualitas. Sehingga dari proses ini tadi bisa melahirkan dan mencetak qori dan qoriah yang dapat dihandalkan mengharumkan nama kota untuk maju di tingkat provinsi.

“Karena dari MTQ ini pemerintah ingin mewujudkan warga kota yang religius, unggul dan berbudaya,” kata Andi Harun.


Sementara, Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Sekretariat kota Samarinda, Qomarul Zaman menambahkan jika pelaksanaan MTQ nanti akan diikuti para kafilah terbaik dari 10 Kecamatan.

Kendati pembukaan baru dilakukan Sabtu nanti, tapi sambung dia pelaksanaan resmi lombanya baru akan berlangsung pada hari Senin, 31 Januari mendatang.

“Jadi hari Minggu nanti dewan juri dan panitera baru bekerja  sebatas mengecek kelengkapan administrasi para peserta lomba saja,” kata Komarul.

Dia juga mengatakan, pelaksanaan beberapa lomba yang nanti akan dilakukan di tempat terpisah menyesuaikan dengan cabang perlombaan juga bakal menjadi model pertama yang akan diterapkan pada MTQ tahun ini karena kondisi pandemi Covid 19.

“Kalau model ini berhasil, maka pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi nanti juga bakal mengikut model yang sama. Kebetulan kota Samarinda akan menjadi tuan rumah untuk tahun ini,” tutupnya. (CHA/DON/KMF-SMD)