TOP NEWS

Top

Kukuhkan Satgas Linmas Se Kota Samarinda Wali Kota Harap Lurah Segera Motivasi Masyarakat

Kukuhkan Satgas Linmas Se Kota Samarinda Wali Kota Harap Lurah Segera Motivasi Masyarakat

SAMARINDA.KOMINFONEWS - Walikota resmi kukuhkan seluruh anggota Satuan Tugas Perlindungan Masyarakat (Satgas Linmas) se Kota Samarinda, upacara yang digelar di Halaman Parkir Barat Balai Kota Samarinda pada hari Selasa (29/11/2022) tersebut disaksikan langsung oleh seluruh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Samarinda.

Satlinmas berperan dalam membantu terciptanya ketertiban dan keamanan sehingga  harus mampu meningkatkan kualitas dalam membantu Pemerintah Kota Samarinda, kepolisian dan TNI dalam memperkuat peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan.


Oleh karena itu dalam sambutannya Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun memaparkan secara khusus Pemerintah Kota Samarinda memberikan atensi yang besar terhadap pengembangan Satgas Linmas baik dalam kaitan pengembangan kelembagaannya maupun dalam konteks pengembangan sumber daya manusianya.

"Berdasarkan Undang-undang dasar 1945 dalam pasal 30 ayat (1) menyebutkan yaitu tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Dengan demikian sudah menjadi kewajiban dari setiap warga negara untuk melaksanakan tugas-tugas pertahanan dan keamanan negara yang meliputi pula keamanan, ketenteraman, dan ketertiban masyarakat. Kita jangan sampai mengalami distorsi pengertian dan terjebak dalam anggapan umum yang hanya mengaitkan dengan sebuah fungsi linmas, atau yang lebih dikenal dengan pertahanan sipil atau Hansip."terang Wali Kota 


Orang Nomor 1 di Kota Samarinda ini pun berharap agar kelurahan-kelurahan yang keanggotaannya masih minim, untuk segera memotivasi masyarakat kemudian dapat menyesuaikan jumlah keanggotaannya.

"sesuai dengan ketetapan Permendagri Nomor 26 tahun 2020, dalam rangka menghadapi penyelenggaraan Pemilihan Umum (PEMILU) dan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 mendatang, jumlah anggota Satlinmas, diharapkan bisa sesuai dengan kebutuhan petugas ketertiban TPS pada wilayahnya masing-masing. Pungkasnya (THR KMF-SMR)