TOP NEWS

Top

Evaluasi Akuntabilitas Kinerja, Pemkot Samarinda Pertahankan Predikat B

Evaluasi Akuntabilitas Kinerja, Pemkot Samarinda Pertahankan Predikat B

SAMARINDA.KOMINFONEWS - Wakil Wali kota Samarinda Dr H Rusmadi mengikuti secara virtual kegiatan penyerahan hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi Instansi di lingkungan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota se Indonesia tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Selasa (5/4/2022).

Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda sendiri  dalam kesempatan itu berhasil mempertahankan predikat B (baik) Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP).

Dalam pidatonya, Sekretaris Kementerian  PAN-RB, Rini Widyatini mengatakan jika Penyerahan hasil evaluasi yang bernama SAKIP & RB AWARD 2021 ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada instansi pemerintah yang telah mampu menunjukkan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahannya.

Oleh karena itu, sambung dia seluruh instansi pemerintah dituntut untuk dapat mempertanggungjawabkan dan meningkatkan kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi pada hasil.


“Karena hal ini sejalan dengan sasaran Presiden dan Wakil Presiden yaitu peningkatan efektivas dan efisiensi pemerintah dengan menjamin APBN yang fokus dan tepat sasaran,”jelas Rini.

Sementara, Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi mengaku bersyukur atas capaian predikat yang diraih Pemkot. Walaupun menurutnya belum ada kenaikan, tapi paling tidak bisa mempertahankan  predikat B sudah cukup baik. Kedepan jelas dia, akan menjadi tantangan bagi Pemkot Samarinda untuk terus memperbaiki dalam meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan kepada publik. 

“Untuk kedepannya  kita menargetkan Predikat  BB. Mari kita berdoa mudah-mudahan upayah ini dengan didukung OPD di lingkungan Pemkot untuk bersinergi supaya bisa terwujud dalam meningkatkan yang kaitannya dengan Sakip dan RB ini tadi,”ungkapnya (EKO/CHA/KMF-SMD)