Persiapan IKN, Kapakat Isen Mulang Gelar Musyawarah

33 Views | 7 September 2019

SAMARINDA. Ditetapkannya Kaltim sebagai ibukota negara (IKN) beberapa waktu lalu oleh Presiden RI Joko Widodo membuat putra daerah berbondong-bondong mempersiapkan diri menyambut IKN tersebut. Diantaranya Kapakat Isen Mulang Kaltim yang menggelar Musyawarah Pertama.

Musyawarah dengan tema "Mari Tingkatkan Kualitas dan Daya Saing SDM (Putra Daerah) Untuk Mendukung Pembangunan Di Kaltim" yang dilaksanakan di aula rumah jabatan Walikota Samarinda, Sabtu (7/9) pagi. 

Kegiatan ini dirangkai dengan pengukuhan Ketua Kapakat Isen Mulang yang dilakukan di Olah Bebaya, malam nanti. Ketua sendiri dipilih secara aklamasi, yakni Ewaldus Benediktus Dadut Salata. 

Diterangkan Ewaldus, Kapakat Isen Mulang merupakan perkumpulan keluarga yang berasal dari suku dayak di Kalteng.

“Sesuai pesan pak Walikota, kita harus menyiapkan bibit-bibit putra daerah di masa mendatang. Jangan kalah dengan yang lainnya, harus menjadi tuan di rumah sendiri,” terang Elwadus yang juga ketua panitia musyawarah.

Sementara itu, Walikota Samarinda Syaharie Jaang mengatakan di momentum ini mengajak warga suku Dayak Kalteng yang ada di Kaltim, khususnya di Samarinda untuk menjaga keamanan. Apalagi sebutnya, Kaltim sudah ditunjuk sebagai IKN, mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bersaing di masa depan.

"Jangan hanya jadi penonton saja. Standar SDM harus berstandar dan mampu bersaing,” tutur Jaang.

Lanjut Jaang, tak ketinggalan mempertahankan kebudayaan yang menjadi khas. Bila perlu membuat desa budaya sebagai kearifan lokal.

“Nah, bisa menjadi destinasi wisata. Kemudian melibatkan putra daerah dalam pembangunan, sehingga tidak tertinggal,” pungkas Jaang.(kmf4)

Penulis: Ahmad Haidir --Editor: Doni

Halaman Sebelumnya Halaman Selanjutnya
SEPUTAR DISKOMINFO KOTA SAMARINDA
trending DISKOMINFO KOTA SAMARINDA