Giat Promosi Wisata, Pemkot Adakan Penyuluhan Pembinaan Sadar Wisata Sapta Pesona

44 Views | 11 Maret 2019

SAMARINDA. Guna meningkatkan kesadaran pentingnya peranan sektor pariwisata dewasa ini. Pengembangan pariwisata diharapkan mendapat dukungan penuh stakeholder pariwisata yang terdiri dari Pemkot, masyarakat termasuk wisatawan.

Lantaran, hal ini dikarenakan memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia pariwisata. Untuk itu masyarakat atau pedagang sebagai salah satu stakeholder yang menunjang kemajuan pariwisata di daerah sangatlah perlu memiliki sifat sadar wisata dan memahami tentang sapta pesona sebagai pegangan dalam menunjang soal pariwisata.

Oleh sebab itu, Pemkot melalui Dinas Pariwisata menggelar Penyuluhan Sadar Wisata dan Sapta Pesona di area Citra Niaga, Senin (11/3) pagi.

Kegiatan yang dibuka  Plt Assiten I Setkot Samarinda, Tejo Sutarnoto didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Muhammad Faisal, menghasilkan beberapa point.

Diantaranya, keberadaan tempat wisata tidak tergantung dengan sarana dan prasarana. Akan tetapi pola pikir masyarakat yang sadar terhadap wisata dan sapta pesona. Kemudian, untuk bertahan tetap eksis diperlukan inovasi.

Apalagi adanya peningkatan pendapatan daerah di sektor pariwisata di tahun 2017 sebesar Rp 106 miliar.

“Pemkot akan mendukung percepatan sektor wisata yang memiliki prospek cerah. Salah satunya menghidupkan kembali kejayaan kawasan Citra Niaga dengan kekhasannya,” ucap Tejo.

Dikatakan Tejo, terpenting itu bagaimana menciptakan situasi kondusif, rasa nyaman, rasa aman, tertib, bersih, indah, sejuk serta keramah tamahan pelaku usaha dalam menyambut wisatawan lokal maupun luar.

Dalam kesempatan tersebut, pelaku usaha mengharapkan agar kawasan Citra Niaga bisa kembali ramai. Pasalnya banyak pedagang yang mengeluh dengan jumlah pengunjung yang menurun.

“Terutama berikan rasa nyaman dan aman kepada pengunjung mulai dari parkiran serta barang bawaan,” pungkas Tejo.(kmf3)

Halaman Sebelumnya Halaman Selanjutnya
SEPUTAR DISKOMINFO KOTA SAMARINDA
trending DISKOMINFO KOTA SAMARINDA