Penghargaan Bukan yang Utama, Pelayanan Publik Harus Terbaik

152 Views | 3 Desember 2018

SAMARINDA. Walikota Samarinda Syaharie Jaang mengingatkan jajaran pegawai di lingkungan Pemkot Samarinda, bahwa penghargaan bukan yang utama, tetapi pelayanan publik harus terbaik.

Hal ini dikemukakannya saat memimpin Apel Pagi di lingkungan Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk), Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Senin (3/12). 
Menurut Jaang, apel pagi ini selain kewajiban, tapi khusus hari spesial dipimpinnya karena Minggu kemarin Discapilduk baru mendapat penghargaan pelayanan publik kategori Sangat Baik atau A-, dan DPMPTSP kategori pelayanan prima atau A.
 “Pemkot Samarinda kalau ada penghargaan atau hal–hal khusus sering melaksanakan apel di lapangan parkir Balai Kota Samarinda dan yang mewakili dari dinas–dinas hanya kepala OPD terkait, tetapi hari ini saya ingin hadir disini untuk menyampaikan bahwa kita mendapat penghargaan pelayanan publik dari KemenPANRB. Saya ingin hadir langsung disini untuk menyampaikan terima kasih kepada seluruh pejabat dan staf di lingkungan Disdukcapil yang sudah bekerja sangat baik melayani masyarakat Samarinda,” tutur Jaang.     
Sebenarnya sebut Jaang ada 3 OPD yang dinilai termasuk Dinkes Kota Samarinda terutama tentang Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). 
“Insya Allah tahun depan Rumah Sakit I.A Moeis bisa masuk penilaian. Oleh sebab itu butuh kerja sama yang baik agar semua bisa terlaksana seperti harapan," ucap Jaang
Kedepannya sebut Jaang ada beberapa rujukan RSUD sebagai bahan studi tiru seperti di tetangga  RSUD Pari Kesit Kutai Kartanegara atau RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan. 
"Tetapi kalau ingin meniru RSUD yang lainnya silahkan saja, karena sangat penting tujuannya juga untuk warga Samarinda juga,” timpal Jaang.
Ditambahkan Jaang, tugas sebagai abdi negara dalam memberikan pelayanan kepada warga harus terbaik. 
“Selalu saya mengingatkan untuk melayani seluruh warga tanpa membedakan agama, suku, atau golongan, harus memberikan pelayanan yang terbaik. Kita tinggalkan pelayanan gaya lama di masa lalu," pesannya. Karena katanya kebijakan dari nasional sampai ke daerah harus sama sejalan. "Kita tidak bisa menghindari perubahan yang ada, karena untuk urusan pelayanan publik kita selalu dipantau oleh pusat dan masyarakat sendiri. Tolong dijaga dengan baik jangan sampai ada calo atau pungli, bekerja dengan hati–hati dan ikhlas karena bukan hanya diawasi oleh Ombudsman, KPK, Kepolisian, Kejaksaan saja apalagi sekarang masyarakat luas bisa mengawasi lewat medsos," ingatnya lagi. 
Jadi menurutnya tentang pelayanan publik ini menjadi pelayanan semua elemen tidak hanya di pusat saja tetapi juga tidak kalah pentingnya adalah untuk pelayanan kepada masyarakat umum seperti untuk pengurusan KTP, Akte, KK beri pelayanan yang baik.
Pada akhir sambutannya Jaang berpesan kepada Kepala OPD harus terus memberi contoh yang baik kepada stafnya, apalagi masalah keuangan dan lainnya. 
“Selamat terutama untuk Disdukcapil dan DPMPTSP Kota Samarinda yang kembali mendapatkan penghargaan. Terima kasih kepada seluruh pejabat dan stafnya, Piagam Penghargaan yang kita dapatkan adalah untuk seluruh warga kota Samarinda dan semua OPD harus saling bahu membahu bagaimana supaya semua berjalan dengan baik. Kenapa saya selalu serukan slogan bersama kita bisa karena tidak mungkin Walikota bisa bekerja sendiri," tegasnya. Menurutnya penghargaan yang didapatkan adalah bukan tujuan utama, karena  bekerja bukan untuk mencari penghargaan. 
"Ada tidaknya penghargaan, kita harus kerja yang baik dan benar. Penghargaan itu suatu kebijakan dari Pemerintah Pusat untuk memberikan motivasi dalam mengevaluasi kinerja Kabupaten/Kota atau Instansi, apakah sudah memenuhi standar yang telah dicanangkan oleh pusat. Bukan hanya Disdukcapil, DPMPTSP saja OPD yang lain harus terus semangat,” pungkasnya.
Dalam kesempatan tersebut Jaang juga membacakan Deklarasi Stop Pernikahan Anak Usia Dini.(kmf 5)

Halaman Sebelumnya Halaman Selanjutnya
SEPUTAR DISKOMINFO KOTA SAMARINDA
trending DISKOMINFO KOTA SAMARINDA