Badan Litbang Gelar Lomba Inovasi

44 Views | 25 November 2019

SAMARINDA. Pemerintah Kota Samarinda melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Samarinda melaksanakan Lomba Inovasi tingkat Kota Samarinda yang bukan bagi kalangan ASN, namun terbuka.

SAMARINDA. Pemerintah Kota Samarinda melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Samarinda melaksanakan Lomba Inovasi tingkat Kota Samarinda yang bukan bagi kalangan ASN, namun terbuka.

“Kita juga mencoba membuat inovasi untuk membangun Samarinda menjadi kota yang terdepan di Kalimantan. Membangun inovasi yang mewujudkan dan membentuk karakter daya saing daerah bisa teroptimalkan," ucap Asisten III Setkot Samarinda Ali Fitri Noor ketika membuka lomba inovasi bertemakan Dengan Inovasi Tingkatkan Daya Saing Daerah di Hotel Grand Sawit Samarinda, Senin (25/11).

Menurut Ali, Kota Samarinda yang metropolitan menjadi tantangan yang terus dikembangkan untuk menyiapkan persaingan dunia global. Oleh sebab itu sebutnya, kualitas SDM Kota Samarinda sangat dibutuhkan yang inovatif dan kreatif. 

Menurutnya, fenomena inovasi ada dimana kemajuan sesuatu seperti di era sekarang sangat diperlukan upaya yang memacu hasil inovasi dan harus diwujudkan dengan keberhasilan. Karena pada prinsipnya inovasi memunculkan ide baru yang memunculkan manfaat. 

“Kalau kita hanya menyampaikan ide, konsep dan pemikiran namun tidak menghasilkan satu manfaat yang berkesinambungan, itu tidak bisa dikatakan sebagai inovasi. Jadi, semangat inovasi ini adalah semangat untuk berbuat dan membuktikan keberhasilan. Dalam upaya menumbuhkembangkan inovasi, lomba ini sebagai ajang untuk mengakomodir semangat inovasi yang dilaksanakan oleh OPD. Tujuannya untuk mendorong dan meningkatkan pelayanan publik, serta memberikan inovasi,” paparnya.  

Menurut Sekretaris Balitbang, Ratna Herawati tujuan lomba ini untuk meningkatkan dan mempromosikan inovasi di lingkungan Pemerintah Kota Samarinda. Juga lanjutnya, upaya mendorong budaya inovasi secara berkelanjutan, menjadi sarana pertukaran pengalaman untuk membangun inovasi di Kota Samarinda. 

Kegiatan inovasi ini sendiri dilaksanakan 25-26 November 2019 dengan jumlah peserta sebanyak 22 orang yang terbagi dari beberapa OPD, kecamatan, kelurahan, mahasiswa dan masyarakat umum. Adapun tim juri kegiatan ini berasal dari Puslitbang KDOD LAN Kota Samarinda, Balitbang Provinsi Kaltim dan Politeknik Negeri Samarinda. 

“Lomba ini suatu ajang untuk mengakomodir inovasi yang dilaksanakan oleh OPD, kecamatan, puskesmas, masyarakat umum dan mahasiswa,” tutup Ratna.(kmf5)

Penulis: Afdani --Editor: Doni

Halaman Sebelumnya Halaman Selanjutnya
SEPUTAR DISKOMINFO KOTA SAMARINDA
trending DISKOMINFO KOTA SAMARINDA