TOP NEWS

Top

Wali Kota Samarinda Hadiri Puncak Peringatan HKG PKK ke 50

Wali Kota Samarinda Hadiri Puncak Peringatan HKG PKK ke 50

SAMARINDA.KOMINFONEWS - Wali kota Samarinda Dr. H. Andi Harun menghadiri puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Tim Penggerak dan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) ke-50 yang digelar oleh TP. PKK  kota Samarinda yang dilaksanakan di halaman Parkir Gedung Olah Raga (GOR) Segiri Samarinda. Rabu, (20/7/2022) pagi.

Hj. Rinda Wahyu Andi Harun, Ketua Tim Penggerak PKK kota Samarinda mengatakan, melalui peringatan hari kesatuan Gerak PKK tahun ini agar kembali pada rohnya yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk memberdayakan keluarga. Maksudnya adalah keluarga yang menjadi perhatian kita dan keluarga juga yang harus kita berdayakan karena keluarga unit terkecil masyarakat sehingga keluarga- keluarga di Indonesia dapat kita berdayakan sesuai potensi dan kebutuhannya. 

"Maka gerakan PKK berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan, "tuturnya.

"Oleh karena itu, alasan tema peringatan hari kesatuan gerak (HKG) ke 50 tahun 2022 adalah " 50 Tahun Gerakan PKK Berbakti Untuk Bangsa, Berbagi Untuk Sesama" tema ini harus melekat pada sanubari kita semua sebagai keluarga besar gerakan PKK."tambahnya.


Hj. Rinda Andi Harun juga membacakan sambutan Ketua Umum PKK Pusat, Tri Tito Karnavian yang menerangkan bahwa HKG ke-50 PKK kali ini menjadi sangat istimewa karena merupakan peringatan Tahun Emas gerakan PKK di Indonesia.

"Momentum peringatan HKG-PKK juga harus mampu kita dayagunakan sebagai media untuk mawas diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi dalam program. Gerakan PKK harus bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan zaman."ucapnya.

“Sesuai dengan kesepakatan hasil Rakernas, saya berharap agar langkah penyesuaian manajemen kelembagaan tim penggerak PKK dapat dilakukan di semua jenjang. Hal ini menjadi penting karena pada hakikatnya program-program mereka dapat terlaksana secara baik dan tepat sasaran ketika dikelola oleh sistem manajemen kelembagaan yang baik,” lanjutnya.

Pada Sambutannya Wali kota Samarinda Dr. H. Andi Harun mengatakan, Puncak kegiatan Hari Gerak PKK ke 50 kali ini adalah momentum istimewa karena merupakan peringatan tahun emas gerakan PKK di Indonesia. 


"Untuk itu kepada segenap jajaran anggota PKK Kota Samarinda saya ingin mengingatkan agar peringatan hari Gerak PKK ini tidak lagi bersifat ceremonial semata melainkan bisa menjadi langkah nyata yang benar-benar dapat dirasakan langsung manfaatnya bagi masyarakat khususnya keluarga. "ucapnya.

Namun menurut Andi Harun, satu hal penting yang juga tidak boleh dilupakan adalah bahwa Tim Penggerak PKK adalah mitra pemerintah dalam menggerakan roda pembangunan serta merupakan pilar utama dalam menata kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat melalui wadah bagi pemberdayaan wanita.

"Melalui momentum peringatan ke 50 hari Kesatuan Gerak PKK kali ini, jajaran PKK Kota Samarinda dapat lebih bersinergi dengan pembangunan yang tengah dilakukan oleh pemerintah. PKK juga harus mampu menumbuhkan semangat anggota dalam melakukan upaya pendekatan dan peran serta pemberdayaan masyarakat," harap Andi Harun.

PKK, ujarnya harus mampu menjawab tantangan yang ada serta bisa menjadi teladan bagi masyarakat, hal ini penting demi mendukung kebijakan pemerintah khususnya dalam mewujudkan visi misi menuju Samarinda menjadi Kota Pusat Peradaban.(Eko/asya/kmf-smr).