TOP NEWS

Top

Terus Tebarkan Kebaikan, PMI Ibarat Tangan Di Atas dan Di Bawah

Terus Tebarkan Kebaikan, PMI Ibarat Tangan Di Atas dan Di Bawah

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Ir H Hero Mardanus Satyawan MT menjadi Pembina Upacara Hari Ulang Tahun ke 77 Palang Merah Indonesia (PMI) dengan tema Terus Tebarkan Kebaikan, di halaman Parkir Barat Balaikota Samarinda, Sabtu (17/9/2022).

“Sesuai amanat Undang Undang No 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan, PMI menjalankan berbagai kegiatan kepalangmerahan antara lain penanganan bencana, konflik, penyediaan darah yang aman dan sehat, masalah kesehatan sosial serta pendidikan, dan pelatihan dalam rangka pembinaan generasi muda dan tugas-tugas kemanusiaan lainnya,” ucap Hero membacakan sambutan Ketua Umum PB PMI HM Jusuf Kalla.

Menurut Dia, sejatinya filosofi tugas PMI adalah seperti tangan di bawah dan tangan di atas. 


“Tangan di bawah karena PMI menerima bantuan dari berbagai masyarakat baik perusahaan, lembaga atau instansi maupun perorangan. Selanjutnya tangan di atas karena seluruh sumber daya atau bantuan yang diperoleh disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan, baik di dalam negeri maupun luar dengan berpegang pada prinsip-prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, yaitu kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandiraan, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan,” terangnya.

Oleh karena itu ia menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada relawan, karyawan dan pengurus serta jajaran PMI di semua tingkatan atas dedikasi pengabdiannya selama ini.

“Terima kasih juga pada segenap donatur, instansi lembaga dan pihak-pihak terkait dan masyarakat yang sudah memberikan dukungan dan mempercayakan bantuannya, baik material maupun non material kepada PMI selama ini,” tuturnya.


Ia juga mengajak segenap jajaran PMI dalam melaksanakan amanah dan kegiatan di PMI dengan penuh keikhlasan, profesional, transparan dan akuntabel, sehingga mendapatkan kepercayaan masyarakat yang merupakan modal utama bagi PMI agar mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

“Marilah terus bergerak bersama dengan terus tebar kebaikan,” serunya.

Seusai upacara kemudian dilanjutkan penandatangan kerjasama PMI kota Samarinda dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Samarinda, Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar (K3SD) Negeri kota Samarinda, K3SD Swasta kota Samarinda, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Negeri kota Samarinda, dan MoU dengan MKKS SMP Swasta kota Samarinda.


Adapun kerjasama ini dalam rangka pembentukan dan penyelenggaraan Palang Merah Remaja (PMR) di Sekolah. Dimana MKSS mengkoordinasi dan sosialisasi penyelenggaraan di sekolah. Kemudian mendukung penyiapan kapasitas fasilitator atau pelatih PMR yang berasal dari sekolah, dan mengkoordinasi untuk bulan dana PMI bagi seluruh warga sekolah.

Seusai MoU kemudian dilanjutkan pula simulasi pertolongan bagi korban tabrak lari oleh tim PMI kota Samarinda. Simulasi ini disaksikan para peserta upacara termasuk ketua PMI kota Samarinda Decky Zulkifli beserta kepala OPD terkait maupun para camat se kota Samarinda.(DON/KMF-SMR)