TOP NEWS

Top

Terbanyak di Kaltim, Samarinda Borong Penghargaan Sekolah Adiwiyata

Terbanyak di Kaltim, Samarinda Borong Penghargaan Sekolah Adiwiyata

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Meski dilanda pandemi Covid-19, tidak menyurutkan sekolah-sekolah yang ada di kota Samarinda mempersiapkan sekolahnya masing-masing menjadi sekolah adiwiyata. Alhasil, pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022 tingkat Provinsi Kalimantan Timur, sebanyak 16 sekolah dari kota Samarinda mampu meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi.

“Alhamdulillah kita Samarinda yang terbanyak di Kaltim memperoleh penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi Kaltim. Semoga ini bisa menjadi cambuk bagi sekolah-sekolah yang lainnya untuk menjadikan sekolahnya sebagai sekolah adiwiyata. Kalau perlu semua sekolah di Samarinda menyandang predikat sekolah Adiwiyata,” ucap kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Samarinda Nurrahmani kepada tim publikasi Diskominfo Samarinda seusai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Provinsi di Hotel Mercure Samarinda, Senin (6/6/2022).


Yama—demikian Nurrahmani biasa disapa menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada sekolah yang telah meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata tahun 2022 ini.

Dikatakan Yama, mereka adalah sekolah yang selama ini sudah menerapkan pendidikan berbasis keperdulian lingkungan dalam proses pembelajaran mereka sehari-hari.

Menurutnya,  orientasi dari penhargaan Adiwiyata ini adalah tentang memberikan edukasi kepada para siswa agar selalu bisa menjaga lingkungan sekolah dengan baik. Mulai dari mengarahkan pola pikir, hingga penentuan kurikulum yang berkiblat pada aspek keperdulian lingkungan.

“Edukasi akan keperdulian terhadap lingkungan memang sudah sepatutnya ditanamkan sejak dini. Sehingga para siswa, sejak pendidikan dasar, bahkan jika memungkinkan sejak pendidikan anak usia dini sudah terbiasa dengan upaya melestarikan lingkungan,” tandasnya.

Ia menjelaskan, pada prinsipnya Adiwiyata dibagi kedalam 3 hal, yakni edukatif, partisipatif dan berkelanjutan.


Untuk Samarinda, lanjutnya DLH membaginya kedalam beberapa tahapan. Mulai dari tahap kota, provinsi, hingga nasional. Sedangkan tahap tertinggi Adiwiyata adalah penghargaan tingkat Mandiri. Pihaknya pun tak lelah melakukan beragam upaya untuk membantu tiap-tiap sekolah.

Pada tahun ini, kota Samarinda bukan hanya saja sebagai kota yang sekolah terbanyak mendapat Adiwiyata, tapi salah satunya sekolahnya menyandang nilai tertinggi di Kaltim, yakni SDN 004 Sungai Pinang.

Adapun 16 sekolah penerima sekolah Adiwiyata yang langsung diserahkan Gubernur Kaltim Isran Noor, meliputi SD Kristen Cita Hati, SD Subulussalam, SDN 002 Samarinda Ilir, SDN 023 Samarinda Utara, SDN 004 Samarinda Ilir, SDN 008 Samarinda Ilir, SDN 009 Samarinda Ilir.

Kemudian, SDN 012 Samarinda Ilir, SDN 004 Sungai Pinang, SDN 009 Sungai Pinang, SDN 012 Sungai Pinang, SDN 013 Sungai Pinang, SDN 017 Sungai Kunjang, SD Madina, SD Muhammadiyah 3 dan SDN 019 Palaran.(DON/KMF-SMD)