TOP NEWS

Top

Rinda Ikuti HUT ke 42 Dekranas Secara Virtual, Sampaikan Komitmen Berdayakan Perajin dan UMKM

Rinda Ikuti HUT ke 42 Dekranas Secara Virtual, Sampaikan Komitmen Berdayakan Perajin dan UMKM

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kota Samarinda Hj Rinda Wahyuni Andi Harun mengikuti puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke 42 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) secara virtual.

Rinda didampingi ketua Harian Dekranasda kota Samarinda yang juga kepala Dinas Koperasi dan Perindustrian Dr Ibnu Araby bersama beberapa pengurus mengikuti dari aula rumah jabatan wali kota Samarinda, Jumat (4/3/2022).

HUT ke 42 tahun 2022 ini mengambil tema Semangat Bertahan, Perajin Berdaya Saing.

“Program kerja kita selama masa pandemi ini merupakan implementasi dari tema HUT kali. Bagaimana kita Dekranasda kota Samarinda berupaya agar para perajin kita termasuk UMKM mampu bertahan dan bangkit di masa pandemi ini,” ungkap Rinda kepada wartawan.

Menurutnya banyak yang dilakukan baik yang skala kecil hingga yang besar.


“Kita coba awali dengan melaksanakan mini expo bersamaan pelaksanaan Rakerwil Apeksi. Alhamdulillah hasilnya diluar dugaan kita,” ungkap Rinda lagi.

Kemudian lanjut lagi dengan melaksanakan Etam Festival yang melibatkan pula perajin dan UMKM. “Transaksi selama expo menembus Rp 5 miliar,” imbuhnya.

Begitu pula dengan Samarinda Street Food Festival katanya mampu mencapai transaksi Rp 6,6 miliar.

“Kita dari Dekranasda akan selalu berkolaborasi dengan siapapun agar para perajin kita bisa berdaya. Bebaya kita berdayakan perajin,” tegas Rinda.

Sebelumnya dalam sambutannya ketua umum Dekranas Hj Wury Ma’ruf Amin mengatakan Dekranas hadir sebagai wadah yang dapat memberikan dukungan penuh kepada perajin-perajin di seluruh Indonesia, agar dapat berdaya, bertahan di berbagai zaman, serta memiliki daya saing yang tinggi.


“Usia 42 tahun merupakan perjalanan panjang yang dilalui Dekranas dalam mengangkat kerajinan nasional yang berbasis warisan tradisi dan budaya Indonesia,” ungkapnya.

Disebutkan pula Dekranas ke-42 tahun menggambarkan bagaimana Dekranas hadir untuk mengisi, menjadi wadah bagi indahnya keragaman kriya, seni, dan motif kerajinan di Indonesia.

Selain sambutan dari ketua umum juga arahan disampaikan isteri Presiden RI Hj Iriana Joko Widodo selaku pembina Dekranas.(DON/CHA/KMF-SMD)