TOP NEWS

Top

Kukuhkan Forum Pengurus Bank Sampah, Ini Kata Sekda

Kukuhkan Forum Pengurus Bank Sampah, Ini Kata Sekda

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Hero Mardanus Satyawan mengukuhkan anggota Forum Pengurus Bank Sampah Tingkat Kota Samarinda periode 2022-2024 di Ruang Mangkupelas Balaikota, Kamis (16/6/2022).

Atas nama Pemerintah Kota Samarinda, Hero menyampaikan, adanya Forum Pengurus Bank Sampah merupakan sebuah bentuk keprihatinan masyarakat akan lingkungan hidup yang semakin lama semakin dipenuhi dengan sampah baik itu organik maupun non organik. 

Menurutnya sampah yang semakin banyak tentunya akan menimbulkan banyak masalah sehingga hal ini memerlukan pengelolaan, misalnya dengan mengolah sampah menjadi bahan yang berguna.

"Pengelolaan sampah dengan sistem Bank Sampah ini diharapkan membantu Pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Samarinda dalam menangani sampah dan meningkatkan ekonomi masyarakat," ujar Hero.

Lebih lanjut, pengolahan sampah ia katakan perlu dilakukan secara komprehensif serta terpadu dari hulu hingga ke hilir dengan pendekatan sirkular oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan masyarakat, sehingga dapat memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat dan juga aman bagi lingkungan.


Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Samarinda ini juga menambahkan, bahwa kebersihan itu bukan hanya sebuah slogan, namun dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Dirinya mengutip kata-kata Christine Pelosi bahwa 'Hijau dan bersih bukan hanya sebuah aspirasi tetapi sebuah tindakan'.

"Tujuan utama dari Bank Sampah ini adalah untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi dan bersih. Selain itu masyarakat dapat membuat sampah menjadi sesuatu yang yang berguna seperti kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis," tutupnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Samarinda, Nurrahmani mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tanda keseriusan Pemerintah dan seluruh sektor terkait. Menurutnya Bank Sampah ini bisa dikatakan kegiatan yang having fun.

"Pesan kami dari DLH, kami siap bahu membahu dalam hal ini, untuk menumbuhkan konsep tentang tumbuhnya Bank Sampah di masing-masing Kelurahan. Bahkan kalau memungkinkan kedepannya setiap RT itu memiliki Bank Sampah. Jadi semakin minim sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA)," ucap Yama, sapaan akrab Nurrahmani. (FER/ASYA/KMF-SMD)