TOP NEWS

Top

Diramaikan 5 Negara, Kemeriahan Festival Mahakam Kembali Hadir

Diramaikan 5 Negara, Kemeriahan Festival Mahakam Kembali Hadir

SAMARINDA.KOMINFONEWS - Setelah sempat tak terlaksana di tahun 2020, kemudian berlangsung dengan keterbatasan event di tahun 2021 karena Pandemi Covid-19, tahun ini Festival Mahakam (Fesma) 2022 sebagai event andalan pariwisata dan budaya kota Samarinda kembali akan terlaksana lebih luas lagi namun tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) kota Samarinda Muslimin dalam Press Conference Festival Mahakam 2022 yang di Warkop Bagios, Minggu (2/10/2022).

Fesma yang akan dilaksanakan 1-6 November 2022 ini mengusung tema “Samarinda International Art Music, Sport Festival, and Share Culture'. Fesma rencananya akan terpusat di 3 venue. Taman Bebaya Tepian Mahakam, Dermaga Pasar Pagi, dan GOR Segiri. 

“Festival Mahakam tahun ini dengan kondisi yang sudah mulai membaik, akan dilaksanakan secara normal dan dengan target cakupan yang lebih luas lagi sehingga berdampak langsung untuk kota Samarinda baik secara perekonomian maupun segi prestasi terutama dalam misi mengenalkan kota Samarinda baik pariwisata maupun budayanya terlebih lagi Samarinda sebagai kota Peyangga IKN,” ucap Muslimin didampingi Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Disporapar Samarinda Nur Asikin. 

Muslimin mengakui memang pelaksanaan Fesma terkendala keterbatasan pandemi belakangan ini, namun panitia melakukan konsep ulang dengan keterbatasan yang dimiliki tetapi obsesi tinggi. 

Muslimin mengatakan Fesma tahun ini akan berbeda pada tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya ialah International Art Music. "Kita telah mengundang beberapa negara, provinsi, dan kabupaten/kota di Kaltim untuk menampilkan kesenian dan kebudayaan mereka di Fesma tahun ini. Hal ini dalam rangka sekalian mengenalkan budaya kita ke orang luar daerah maupun luar negeri. Misinya, bagaimana ketika mereka pulang ke daerahnya, negaranya bisa mengenalkan Samarinda dengan potensi wisata dan budayanya," beber Muslimin. 


Adapun 5 tamu negara yang akan meramaikan Fesma. Diantaranya tim kebudayaan dari negara Ghana, India, Jepang, Uzbekistan, dan Thailand,. Tiap negara akan membawa 15 orang yang berkomposisi sebagai pemusik dan penari. Sedangkan untuk provinsi, ada DKI Jakarta, Makassar, dan Bengkulu. 9 kabupaten/kota di Kaltimpun akan menampilkan kesenian mereka di Fesma. 

“Kami juga akan menggelar karnaval budaya nusantara. Dimana, budaya khas Kota Samarinda dan seluruh budaya di Indonesia akan ditampilkan. Tamu dari mancanegara ini, selain tampil di karnaval juga tampil saat pembukaan di Taman Bebaya," ucap Muslimin lagi.

Kemudian ada beberapa kegiatan utama seperti Mahakam International World Festival dan Mahakam Music Expo.  Jika berbicara Fesma, tidak terlepas dengan rangkaian lomba. Dari lomba olahraga, kesenian, kuliner, hingga fashion akan dihadirkan bagi masyarakat Tepian. Untuk lomba olahraga, Fesma berfokus kepada olahraga air selayaknya tradisi Fesma. Seperti parade jetsky, dragon boat festival, lomba perahu tambangan, lomba perahu hias hingga festival maunjun.

“Kita juga akan menggelar Mahakam Fit Run 10 K berhadiah total Rp 100 juta berskala nasional,” timpal Muslimin.

Memberikan andil untuk kalangan UMKM dan ekonomi kreatif, dilakukan Expo berlokasi di GOR Segiri. 

Untuk lomba kesenian lainnya seperti lomba kreasi tari pesisir nusantara, tari pedalaman, tari kreasi daerah anak, festival musik daerah, lomba lampu hias khusus rumah warga di Samarinda Seberang yang menghadap ke sungai, lomba kreasi batik etnic Mahakam dan Mahakam Etnic Carnival serta fashion show.

“Ada juga festival nasi kuning, supaya tahu bahwa Samarinda ini ada ciri khasnya. Termasuk juga festival jajanan pasar. Macam-macam jenis wadai nanti di sini,” tegas Muslimin.

Selain itu terbuka untuk umum lomba fotografi dengan tema Festival Mahakam termasuk rencananya akan ada lomba Vlog Youtuber rangkaian Festival Mahakam. 

Diperkirakan kurang lebih 150.000 peserta yang turut berpartisipasi dalam Fesma kali ini, yang rencananya akan dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan Fesma ini bisa langsung mendaftar ke Sekretariat di kantor Disporapar Samarinda Jalan Dahlia yang sudah mulai dibuka sejak Senin 3 Oktober 2022.(DON/KMF-SMR)