TOP NEWS

Top

Buka Webting, Bunda PAUD Rinda Ingatkan Peran Penting Orang Tua, Pendidik dan Lingkungan

Buka Webting, Bunda PAUD Rinda Ingatkan Peran Penting Orang Tua, Pendidik dan Lingkungan

SAMARINDA.KOMINFONEWS – Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) Kota Samarinda berkolaborasi dengan Bunda PAUD Kota Samarinda menggelar Webinar Parenting (Webting) dalam rangkaian memperingati Gebyar PAUD dan Hari Anak Nasional (HAN) Kota Samarinda tahun 2022.

Acara yang digelar secara virtual zoom di Command Centre Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda ini dibuka Bunda PAUD Kota Samarinda, Hj Rinda Wahyuni Andi Harun, Selasa (26/7/2022).

Bunda Rinda menyampaikan Hari Anak Nasional merupakan momentum penting untuk menumbuhkan dan menghasilkan generasi anak-anak Kota Samarinda yang cerdas, ceria dan berakhlak mulia di masa digitalisasi dewasa ini.

“Momentum ini merupakan peringatan besar bagi kita semua sebagai orang tua untuk memberikan hak dan kewajiban terhadap anak. Setiap orang tua menginginkan hadirnya seorang anak sebagai penerus keluarga, dan yang tak boleh kita lupakan adalah anak merupakan titipan Tuhan yang wajib kita jaga, sehingga kita memiliki tugas mulia dari Tuhan untuk menjaga dan mendidik anak-anak kita dengan sebaik-baiknya,” ucap Rinda yang juga ketua TP PKK Samarinda ini.


Dalam menjaga dan mendidik anak-anak inilah, lanjut Rinda, mendapatkan tantangan yang sangat besar. Sebab menurutnya penjagaan dan pendidikan ada di tangan masing-masing dalam upaya membentuk karakter anak sejak usia dini. Maka itu sudah sepatutnya menjadi orangtua yang selalu memperhatikan tumbuh kembang anak, baik dari segi kesehatan fisik maupun mental anak. Dengan melahirkan anak-anak yang sehat secara fisik dan mental, dirinya berharap negara Indonesia akan menjadi negara maju dengan masyarakat yang makmur dan sejahtera, terutama di Kota Samarinda.

“Berdasarkan tantangan tersebut maka Tema HAN Tahun 2022 ini adalah Anak Terlindungi, Indonesia Maju, dengan tagline #PeduliPascaPandemiCOVID19, #AnakTangguhPascaPandemiCOVID19, #AnakTangguhIndonesiaLestari,” ucap isteri Wali Kota Samarinda ini.

Dengan tema itu, dia mengartikan peran penting orang tua, peran penting pendidik dan peran penting lingkungan sangat mendukung sekali dengan tumbuh kembang anak dan bagaimana orang tua menghadapi anak serta bagaimana orang tua bisa memantau sejauh mana pendidikan anak.


“Dengan demikian, mari kita bersama-sama melaksanakan tugas sebagai orangtua, melindungi anak-anak kita dengan menjaga dan mendidiknya dengan sebaik-baiknya, agar kita bisa melahirkan generasi bangsa yang tangguh,” tutup Rinda yang didampingi kepala DP2PA Fitermen dan Sekretaris Pokja Bunda PAUD Samarinda Murdiana.

Usai dibuka oleh Bunda PAUD Kota Samarinda, acara dilanjutkan dengan Webinar Parenting oleh 2 narasumber yakni Rizqi Syafrina dengan tema “Parenting Pendidikan Keluarga Dalam Membentuk Karakter Anak” dan Nuridah Ida dengan tema “Peran PAUD Dalam Optimalisasi Pendidikan Keluarga Dalam Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Anak di Kota Samarinda”.(DON/KMF-SMR)