TOP NEWS

Top

Buka Manasik Haji, Andi Harun Berbagi Tips, Pengalaman hingga Minta Dokan Samarinda

Buka Manasik Haji, Andi Harun Berbagi Tips, Pengalaman hingga Minta Dokan Samarinda

SAMARINDA.KOMINFONEWS – Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun berbagi tips dan pengalaman kepada para calon jamaah haji kota Samarinda yang akan menunaikan ibadah haji pada tahun depan 2023.

Hal ini disampaikan Andi Harun dalam sambutannya pada Pembukaan Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun yang diikuti 560 peserta di masjid Sofiatul Amin, Komplek GOR Segiri Samarinda, Sabtu (29/10/2022).

“Penyuluhan bimbingan manasik haji dan umroh itu penting. Mengapa penting, karena ini ibadah yang dilakukan secara khusus. Kenapa khusus, karena dilakukan pada waktu khusus dan ditempat khusus,” ucap Andi Harun.

Menurut Andi Harun memerlukan pemahaman, pengetahuan tentang tata cara hukum dan segala sesuatu yang berkaitan dengan ibadah haji dan umroh.

Kemudian lanjutnya penyuluhan ini selain memahami tentang tata cara juga perlu pembinaan termasuk pemahaman pembinaan terhadap keikhlasan dan mental. Karena ini selain, ibadah yang bersifat batiniah juga bersifat fisik.


“Jadi bagaimana syarat sahnya haji, bagaimana syarat wajibnya haji bagaimana pelaksanaan tawaf pelaksanaan ikhram dan lain sebagaimananya. Itulah pentingnya kenapa jamaah haji itu harus dibimbing melalui namanya manasik haji,” tuturnya.

Di hadapan peserta manasik haji garapan Kementerian Agama Kota Samarinda ini, Andi Harun juga berbagi tips dan pengalaman. “Karena ibadah ini juga ibadah fisik, ibu bapak juga akan mengeluarkan energi fisik. Mungkin nanti setiap minggu ada gerakan olah raga calon jemaah haji, atau minimal ibu bapak setiap hari olah raga. Seperti jalan kaki, tidak usah lari dan tidak usah terlalu lama yang penting tiap hari ada latihan jalan kaki. Karena usia diatas 50 sudah tidak dianjurkan lagi untuk lari,” ucap Andi Harun.

Begitu pula terhadap perlengkapan disarankan Andi Harun membawa secukup dan seperlunya. “Tidak usah pakaian yang aneh-aneh. Tidak usah bawa jas, karena tidak mungkin kita pakai jas. Sebab di sana kita hanya ibadah rukun haji dan shalat dari masjid ke masjid. Tidak ada pakai jas. Tidak usah juga bawa sepatu, pakai sandal aja. Sandal jepit pun banyak di jual di sana,” pesan Andi Harun.


Andi Harun juga mendoakan para jamaah selalu sehat dan panjang umur. “Selain mendoakan diri kita dan keluarga kita, saya mohon titip doa agar kota ini dan seluruh masyarakat Samarinda selalu dijaga oleh Allah SWT, menjadi kota Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghofur. Bayangkan kalau seluruh jamaah kota Samarinda mendoakan kota ini, Insya Allah menjadi daerah yang selalu terpelihara oleh Allah SWT. Maka Insya Allah kota Samarinda ini memiliki cahaya (Nur), memiliki harapan bagi kita dan anak-anak cucu kita di masa yang akan datang,” pungkasnya.(DON/KMF-SMR)