TOP NEWS

Top

Selain PT Samudera Indonesia, Giliran Grup Krakatau Steel Lirik Bangun Pelabuhan Curah

Selain PT Samudera Indonesia, Giliran Grup Krakatau Steel Lirik Bangun Pelabuhan Curah

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Tak hanya PT Samudera Indonesia, ternyata perusahaan BUMN PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) yang juga anak perusahaan dari PT Krakatau Steel ini tertarik membangun Pelabuhan Curah  salah satu dari 3 proyek skema pembiayaan Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Pemkot Samarinda.

Hal ini terungkap dalam pertemuan Pengenalan dan Minat Kerjasama PT KBS yang langsung dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) kota Samarinda Dr Sugeng Chairuddin di ruang Sembuyutan, Balaikota Samarinda, Senin (7/1/2022).

“Sehubungan rencana Pemerintah Kota Samarinda dalam skema pembiayaan KPBU dimana ada 3 kegiatan, pembangunan Sky Train, Penerangan Jalan Umum (PJU) dan pelabuhan curah. Beberapa waktu lalu sudah ada yang mengikuti, tapi belum ada rekomendasi dari Pak Wali Kota. Ini dari PT Samudera Indonesia juga sudah membuat pra studi,” ungkap Sugeng.

Sugeng menyambut baik adanya lagi satu rekanan yang berminat membangun pelabuhan curah berlokasi di kecamatan Palaran.


“Tim KPBU akan menilai dan kemudian menyerahkan ke pak wali kota yang kemudian mengeluarkan rekomendasi. Kemudian nanti barulah ditentukan siapa nanti yang menjadi pemrakarsanya. Bukan semata-mata kami yang menentukan, nanti ada pertimbangan lagi dari sekretariat bersama di Jakarta yang menentukan. Karena memang polanya KBPU, sebab kondisi fiskal Pemkot masih terbatas,” tandasnya.

Tentunya lanjut Sugeng, Wali Kota berharap kegiatan ini bisa segera berjalan dan dimanfaatkan. “Kami didaerah hanya ingin manfaatnya untuk kesejahteraan bisa dirasakan segera,” tandas Sugeng.

Untuk itu hasil dari pertemuan itu, pihak KBS diberi waktu 2 minggu untuk menyiapkan Pra Studi kelayakan. “Pra studi kelayakan ini nanti akan dinilai tim kami dan selanjutnya akan diputuskan bapak wali kota,” tandasnya.

Adapun pelabuhan curah nanti berfungsi sebagai tempat berlabuhnya kapal dalam melayani bongkar muat barang tanpa menggunakan peti kemas.

Pertemuan ini sendiri dari PT KBS langsung dihadiri Vice Presiden Capt Aep Dedi, sementara jajaran Pemkot diantaranya kepala Dishub Samarinda Hotmarulitua Manalu, Plt kepala Bappedalitbang Ananta F, kepala BPKAD Ibrohim, kepala Bapenda Hermanus Barus dan jajaran terkait lainnya.(DON/CHA/KMF-SMD)