TOP NEWS

Top

Probebaya Jadi Pemicu Pembangunan yang Merata dan Berkeadilan

Probebaya Jadi Pemicu Pembangunan yang Merata dan Berkeadilan

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Wajar jika Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Probebaya) yang menjadi salah satu dari 10 program unggulan Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun bersama Wakil Wali Kota (Wawali) Dr H Rusmadi itu “banjir” dukungan warga dan diharapkan untuk bisa berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Tidak hanya karena melibatkan warga secara langsung dalam proses pembangunan. Tetapi lebih dari itu, dianggap sebagai pemicu pembangunan yang merata dan berkeadilan.

Ya, dengan kucuran dana yang langsung mengalir dan dikelola langsung di setiap RT, buah pembangunan bisa lebih merata dan berkeadilan. Karena dampaknya bisa langsung dirasakan oleh segenap warga dari berbagai sudut kota, baik itu di pusat keramaian, maupun di daerah pinggiran. Bahkan pembangunan di semua wilayah RT itu tidak perlu harus melalui proses Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dari berbagai level.

Seperti pengakuan Ketua RT 49 Kelurahan Loa Bakung, Ronny Tiaka. Diakuinya, warga setempat sangat senang dengan realisasi pembangunan dari anggaran yang dikucurkan melalui Probebaya itu. Karena selama ini, banyak usulan program mereka yang disampaikan melalui Musrenbang, namun tidak terealisasi.


“Di Musrenbang selalu kita usulkan. Tapi kan itu slot-nya sangat terbatas. Jadi kadang daerah lain yang dapat,” terangnya.

Diakuinya, Probebaya ini membuat pembangunan menjadi lebih merata dan bisa dirasakan langsung oleh warga. Bahkan warga sendiri juga diajak untuk memikirkan program prioritas apa yang akan dilakukan di RT mereka.

“Untuk di RT kami, salah satunya pembenahan drainase. Ada empat titik drainase yang kami benahi. Itu sudah rusak parah dan hampir tidak berbentuk. Memang masih ada juga di titik lain. Tapi kami prioritaskan untuk yang paling parah. Semoga Probebaya ini terus berlanjut, biar tahun depan kita benahi di titik lain,” terangnya.

Selain drainase, Ronny juga mengaku menggalakkan kegiatan senam bersama warga setiap hari Minggu pagi. Selain untuk menjaga kesehatan, juga untuk tetap membangun silaturahmi antar sesama warga. Untuk mendukung kegiatan itu, atas kesepakatan warga, mereka mengadakan soundsystem.


Kemudian kegiatan yang juga tidak kalah penting adalah mengadakan pelatihan kader tanggap bencana kebakaran. Ada 10 warga yang dikirim untuk belajar ke Dinas Pemadam Kebakaran. Setelah itu, diharapkan 10 orang itu menularkan ilmunya ke warga yang lainnya. Berikuit Dasawisma, pengajian, hingga pemeriksaan kesehatan warga secara gratis. 

“Kami masih berharap agar tahun depan tetap ada Probebaya. Di RT 49 Kelurahan Loa Bakung, kami sudah ajukan anggaran di tahun 2023 untuk pemasangan portal di setiap jalan masuk blok. Biar lebih aman dan rapi lingkungannya,” pungkasnya. (HER-KMF-SMR)