TOP NEWS

Top

Rusmadi Minta Pramuka Jadi Garda Terdepan Bantu Warga

Rusmadi Minta Pramuka Jadi Garda Terdepan Bantu Warga

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Selama kurang lebih dua tahun pandemi Corona Virus Disease 2019  (Covid-19) melanda, aktivitas di segala lini menjadi tersendat-sendat. Termasuk kegiatan Kepramukaan sendiri. 

Namun saat ini pandemi mulai melandai. Kegiatan sosial ekonomi masyarakat pun tampaknya kembali bergairah. Apalagi Kota Samarinda sendiri sekarang sudah turun ke level dua untuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Tak heran, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Samarinda, Dr H Rusmadi meminta agar kegiatan Kepramukaan kembali ditingkatkan.

“Saya minta kepada Kwarran (Kwartir Ranting, Red), lewat Mabiran (Majelis Pembimbing Ranting, Red) untuk mulai menggairahkan Kepramukaan,” ungkap Rusmadi saat menyampaikan sambutan dalam kunjungan Kwarcab ke Kwarran Samarinda Kota di SMP Aminah Syukur, Jalan KH Ahmad Dahlan, Samarinda, Minggu (3/10/2021) sore.


Ia menyampaikan bahwa anggota Pramuka sejatinya memiliki jiwa dispilin, sehingga sudah seharusnya patuh terhadap protokol kesehatan (prokes) Covid-19. “Karakter Pramuka itu disiplin. Jadi tentu disiplin mengenakan masker,” ujarnya.

Makanya sambung Rusmadi, keberadaan Pramuka justru diperlukan saat pandemi Covid-19 ini. Karena selain disiplin, anggota Pramuka juga memiliki sifat rela menolong dan tabah.

“Ini sesuai pengamalan Dasa Dharma Pramuka. Jadi, sayang kalau Pramuka ini tidak dioptimalkan. Saya minta camat dan lurah untuk mendukung kegiatan Kepramukaan,” tegas Wakil Wali Kota Samarinda ini.

Rusmadi menegaskan, Pramuka harus berada di garda terdepan untuk membantu masyarakat. Caranya antara lain, melalui pembentukan Unit Pramuka Peduli. “Semua kecamatan akan kita berikan pelatihan khusus untuk Pramuka Peduli,” tukasnya. (*/HER/KMF-SMD)