TOP NEWS

Top

Pimpin Apel Kesiapsiagaan, Wawali Nyatakan Kebanggaan untuk Kwarcab Pramuka Samarinda

Pimpin Apel Kesiapsiagaan, Wawali Nyatakan Kebanggaan untuk Kwarcab Pramuka Samarinda

SAMARINDA .KOMINFONEWS - Dalam rangka menyiapkan Pramuka tanggap bencana, Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Samarinda menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Pembekalan Pelatihan Pramuka Peduli di Halaman Sekretariat Gerakan Pramuka Kota Samarinda di Graha Pemuda, Jalan AW Sjahranie, Samarinda Ulu, Selasa (7/12/2021) pagi.

Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda, Dr H Rusmadi yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Samarinda langsung bertindak sebagai Inspektur Upacara. Atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, Wawali mengaku bangga dengan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Samarinda yang telah membangun kekuatan, khususnya relawan Pramuka Peduli dalam rangka membangun kesiapsiagaan tangguh bencana.


"Pramuka merupakan sebuah organisasi yang mendapatkan tempat istimewa di negeri kita tercinta Indonesia. Karena Pramuka lahir dalam rangka untuk terus membangun semangat ksatria,  jiwa nasionalisme kebangsaan yang siap kapan dan di mana saja untuk membaktikan dirinya bagi negeri kita tercinta," ucap Wawali.

Kesiapsiagaan tangguh bencana ini lanjut dia, merupakan wujud nyata partisipasi Pramuka dalam pembangunan di Kota Samarinda. Karena Samarinda menghadapi persoalan yang serius saat ini yakni banjir dan juga persoalan kebakaran. Karena permukiman Kota Samarinda saat ini sangat padat. "Namun kita yakin tidak ada bencana yang tidak bisa diselesaikan," timpalnya.


Bukan hanya kemampuan teknis memadamkan kebakaran, tapi jiwa kemanusiaan, dan semangat untuk saling menolong juga harus ditanamkan.

Di akhir sambutannya, Rusmadi mengajak komando ranting kecamatan melakukan sosialisasi penyuluhan untuk mengingatkan kepada warga dalam hal bahaya kebakaran yang didampingi oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda.

Usai apel kesiapsiagaan bencana, peserta langsung melakukan simulasi pemadaman api dengan menggunakan barang yang ada di sekitar dan menggunakan alat pemadam api ringan (apar).

Turut hadir Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda Suwarso, Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda Dwi Siti Nurbaya, serta segenap pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Samarinda. (EKO/HER/KMF-SMD)