TOP NEWS

Top

Herli Warsita Apresiasi Konsep Pendidikan di SD Alam

Herli Warsita Apresiasi Konsep Pendidikan di SD Alam

SAMARINDA. KOMINFONEWS  - Wakil Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Samarinda, Hj Herli Warsita Rusmadi mengapresiasi keberadaan Sekolah Dasar (SD) Alam. Sekolah yang menerapkan konsep pembelajaran bersahabat dengan alam ini menurutnya mampu menanamkan kemandirian, kepempinan dan akhlak.

“Saya memberi apresiasi yang luar biasa dengan adanya sekolah alam di Samarinda yang mungkin satu-satunya yang ada di Kota Samarinda. Mudah-mudahan ke depannya semakin baik lagi dan terus berkembang,” ucap Herli ketika mengunjungi SD Alam di Perumahan Graha Indah Blok A I jalan Pangeran Suryanata, Samarinda Ulu, Kamis (9/12/2021) siang.

Menurut isteri Wakil Wali Kota Samarinda ini, tidak hanya menanamkan sejak dini kemandirian, kepemimpinan, akhlak kepada anak-anak, di sekolah ini juga cukup lengkap yang bisa didapatkan.

“Anak-anak sejak dini juga sudah ditanamkan tentang artinya kehidupan. Bagaimana mereka mencintai lingkungan,” kata Herli yang hadir bersama Pokja II TP PKK Kota Samarinda dan Bunda PAUD Kecamatan Samarinda Ulu, Sri Surpiati Fahmi ini.  

Menurut Herli, sekolah ini juga tepat hadir di tengah pandemi Covid-19. Dengan adanya pandemi, dengan sekolah terbuka otomatis anak-anaknya menjadi sehat dan kuat.


Herli juga berpesan kepada Dinas Pendidikan agar sekolah alam level SD ini pada saat penerimaan siswanya minimal memprioritaskan anak-anak lulusan pra SD menjadi syarat utamanya. Ke depannya, lanjut Herli, UKS sekolah alam yang memang belum maksimal agar bisa bersama-sama memberikan perhatian terlebih dari TP UKS Kota dan Kecamatan.

Sementara kepala SD Alam Samarinda Andini Parlinawati menyebut sekolah yang sudah berdiri tiga tahun ini memiliki murid sebanyak 65 orang dengan tiap tahun hanya menerima 24 murid saja.

“Sekolah alam kita ini aktivitas belajarnya  menggunakan sarana dan prasarana yang ada di alam sekitar tanpa dibatasi oleh sekat dinding. Siswa akan bereksplorasi, bereksperimen, berekspresi, dan berinteraksi dengan alam dan kehidupan yang sebenarnya,” ungkap Andini dibenarkan Owner Sekolah Alam Ali Mahfudz.

Ia mengemukakan kebanyakan masih mengira sekolah alam ini sebagai sekolah nonformal. Padahal sekolah yang mendapat izin Dinas Pendidikan ini juga sekolah formal. Namun konsepnya saja yang membedakan dengan sekolah umum lainnya, di mana yang diutamakan membentuk akhlak dan lifeskill yang berbasis pendidikan alam.

“Kurikulum sekolah alam Samarinda mengacu pada kurikulum nasional dan dikembangkan dengan kurikulum khas sekolah alam dengan berbagai inovasi pembelajaran aktif dan fun learning. Semua mata pelajaran disajikan secara integritas dalam tema-tema kehidupan yang nyata dan aplikatif,” pungkas Andini. (DON/HER/KMF-SMD)