TOP NEWS

Top

Wawali Berharap Samarinda Dapat Panji Penghargaan

Wawali Berharap Samarinda Dapat Panji Penghargaan

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Di era globalisasi seperti saat ini, tidak heran apabila kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dapat menjanjikan efisiensi, kecepatan penyampaian informasi, keterjangkauan, dan transparansi. Tidak terkecuali untuk urusan pemerintahan. Terlebih, dalam era Otonomi Daerah (Otda) saat ini perlu untuk mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance) dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi atau biasa disebut e-government. Melalui e-government pula, peningkatan pelayanan publik dapat terwujud.

Berangkat dari hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim melalui Bidang E-Government melakukan kegiatan penilaian dan standarisasi E-Government Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Diskominfo Kota Samarinda yang dilaksanakan di Ruang Command Center, Rabu (6/10/2021) pagi.

"Maksud kedatangan kita ke sini dalam rangka penilaian penerimaan panji-panji keberhasilan pembangunan yang setiap tahun diadakan oleh Pemprov Kaltim dalam rangka HUT (Hari Ulang Tahun, Red) yang diserahkan pada Januari 2022 mendatang," kata Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal.


Ia menambahkan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk menilai lima dimensi atau aspek implementasi unsur e-government berupa kebijakan, kelembagaan, infrastruktur, aplikasi dan perencanaan. Penilaian akan dilakukan oleh Asesor Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dari Diskominfo Kaltim.

Sementara itu Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda, Dr H Rusmadi mengatakan dengan kegiatan tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dinilai sangat bagus di dalam mengimplementasikan informasi keterbukaan.

"Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19  saat ini, masyarakat pada umumnya memerlukan informasi yang sifatnya menyangkut hajat hidup orang banyak," tuturnya. (BAR/KMF/HER/SMD)