TOP NEWS

Top

Evaluasi Banjir, Kumpulkan Semua Camat dan Pimpinan OPD Terkait

Evaluasi Banjir, Kumpulkan Semua Camat dan Pimpinan OPD Terkait

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda tidak tinggal diam terhadap persoalan banjir yang masih terus menjadi masalah serius di kota ini. Bahkan Pemkot dengan segenap jajarannya di berbagai level terus bergerak cepat untuk mengatasi persoalan ini. 

Setelah Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun meninjau sejumlah lokasi banjir setelah hujan deras pada Minggu (29/8) malam lalu, Senin (30/8/2021) pagi langsung dilanjutkan dengan rapat koordinasi dengan melibatkan segenap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkot Samarinda. Rapat evaluasi banjir dan pelaksanaan penyaluran bantuan bagi korban pasca banjir di Samarinda itu melibatkan seluruh camat se-Kota Samarinda.

“Jadi sesuai arahan Pak Wali Kota, maka saya minta kepada para camat untuk melaporkan kondisi terkini di wilayahnya masing-masing. Terutama soal wilayah mana saja yang sampai sekarang masih banjir dan akses warganya terganggu, sehingga kita petimbangkan untuk bisa diberikan bantuan,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda, Sugeng Chairuddin didampingi Asisten I Tejo Sutarnoto, Asisten II Nina Endang Rahayu serta sejumlah pimpinan OPD terkait saat memimpin rapat tersebut.

Sugeng berharap agar laporan tersebut sudah disampaikan secara tertulis dengan data yang akurat paling lambat siang ini untuk dilaporkan kepada Wali Kota. Harapannya, agar paling tidak sore ini juga sudah ditindaklanjuti dengan mendatangi para warga yang rumahnya masih terendam banjir. Jika data yang ada masih kurang, diminta kepada para camat untuk mengkoordinasikan lurahnya masing-masing untuk melaporkan kondisi terkini di wilayahnya.

Namun secara umum, Sugeng mengaku sudah mendengarkan laporan lisan yang disampaikan para camat dalam rapat tersebut. Sebagian besar sudah mulai surut. Namun tidak sedikit juga yang masih terendam banjir sehingga memerlukan bantuan. Paling tidak untuk kebutuhan makan mereka yang aktivitas memasaknya terganggu akibat terendam banjir.

“Kemudian OPD terkait lainnya juga kita minta untuk bersinergi untuk membantu warga dalam kondisi seperti ini. Tapi di luar itu, yang jelas Pemkot Samarinda selama ini terus berupaya maksimal untuk mengatasi persoalan banjir di kota ini. Seperti di Loa Bakung saat ini sedang ada pelebaran sungai hingga tembus ke Sungai Mahakam. Kemudian di Loa Janan Ilir juga sedang ada penyodetan. Begitupun program normalisasi Sungai Karang Mumus. Intinya Pemkot Samarinda di bawah komando Pak Wali Kota sudah berupaya maksimal, dan akan terus maksimal ke depan,” pungkas Sugeng. (HER/KMF-SMD)