TOP NEWS

Top

Cetak Tim Driver PUG Inovatif Lewat Bimtek

Cetak Tim Driver PUG Inovatif Lewat Bimtek

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Tim Driver dan Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DP2PA) resmi ditutup di Ruang Harvard Balaikota, Kamis (7/10/2021) pagi.

“Yang menjadi target pelaksanaan Bimtek ini diharapkan mampu melembagakan pengarusutamaan gender (PUG) di lintas sektor, mengintegrasikan isu gender, merespon isu-isu prioritas PPPA khususnya terkait program unggulan (Three Ends Plus), dan mampu menyusun PPRG (Perancangan dan Penganggaran Responsif Gender, red) melalui mekanisme perencanaan dan penganggaran, dan menilai kualitas  PPRG yang disusun serta memastikan implementasi dan pencapaian output kegiatan responsif gender di lintas sektor,” kata  Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan dan Perlindungan khusus Anak Awe Ului.

Ia berharap kepada peserta Tim Driver yang terpilih untuk dapat menyusun Gender Analysis Pathway (GAP) dan Gender Budget Statement (GBS) yang berkualitas, penuh inovasi, melakukan terobosan sampai ke level Kelurahan serta mempunyai pedoman dan mekanisme monitoring juga evaluasi.

Sementara itu Herwanto Kepala Seksi Kelembagaan PUG dan Pemberdayaan Perempuan Bidang Politik dan Hukum mengatakan PPRG menjadi strategi untuk mewujudkan kesetaraan gender di berbagai bidang pembangunan, yang secara konsisten tertuang dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan jangka pendek Rencana Kerja Pemerintah (RKP) untuk mempercepat tercapainya kesetaraan gender.

"Saya harap tim driver dapat membimbing teman-teman yang lain agar tidak hanya mengejar penghargaan tetapi dampak positifnya bisa dirasakan oleh masyarakat. Seperti menyusun GAP dan GBS yang bermutu, berkualitas dan masuk dalam RKA (Rencana Kerja Anggaran, red) berupa program yang responsif gender,” pungkas Herwanto. (HEN/DON/KMF-SMD)