TOP NEWS

Top

Bangun Komunikasi dengan Relawan, BPBD Gelar Apel Siaga Bencana

Bangun Komunikasi dengan Relawan, BPBD Gelar Apel Siaga Bencana

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Membangun komunikasi dan koordinasi kepada relawan Desa Tanggap Bencana (DESTANA) pemegang pemegang tongkat kepemimpinan yang berada di wilayah Kelurahan dan Kecamatan, Pemkot Samarinda melalui BPBD Kota Samarinda menyelenggarakan apel siaga penanggulangan bencana di halaman GOR Segiri, Jum'at (8/10/2021).

Dalam apel tersebut akan melaksanakan pembersihan pada setiap selokan yang menghambat saluran air pada setiap kecamatan. Adapun partisipasi dalam kegiatan tersebut untuk mengurangi resiko banjir untuk wilayah samarinda dan sekitarnya.

Menurut laporan Plt kepala BPBD Kota Samarinda, Hambali, hasil pers rilis dari BMKG Kota Samarinda curah hujan dari bulan Oktober sampai dengan Januari tahun 2022 mendatang akan relatif tinggi.

"Pada bulan Juni pada tahun 2019 banjir melanda 5 kecamatan dan 13 kelurahan wilayah Samarinda. Akibat banjir selama 14 hari menimbulkan kerugian besar hingga 200 miliar rupiah. Maka dari itu kita harus sigap dalam menanggulanginya,” ujar Hambali.

Hambali pun berharap para relawan bisa bekerjasama dan saling berkoordinasi dengan Pemkot Samarinda melalui BPBD  baik kesiapsiagaan dan antisipasi bencana banjir, maupun laporan korban dan distribusi bantuan. (HIR/RIZ/KMF-SMD)