TOP NEWS

Top

Kota Samarinda Sabet 4 Penghargaan Rating Transformasi Digital dan Rating Kota Cerdas Indonesia 2021

Kota Samarinda Sabet 4 Penghargaan Rating Transformasi Digital dan Rating Kota Cerdas Indonesia 2021

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda  berhasil meraih empat penghargaan Riset Rating Transformasi Digital Indonesia (RTDI) dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Institute Teknologi Bandung (ITB).

Penganugerahan penghargaan tadi disampaikan secara virtual melalui zoom meeting yang disaksikan langsung Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda Dr H Rusmadi didampingi Asisten II Sekretariat Kota Samarinda Nina Endang Rahayu dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Samarinda Aji Syarif Hidayatullah di Gedung Balaikota, Senin (27/12/2021).


Ditemui usai acara, Wawali mengatakan dengan raihan penghargaan tersebut menandakan adanya kemajuan yang sangat signifikan. Hal ini menurutnya akan memberikan tantangan bagi Pemkot untuk terus memperbaiki kekurangan dalam menuju Smartcity.

“Kita sangat bersyukur Pemkot mendapatkan penghargaan ini, apalagi kategori Kota dengan kesiapan digital terbaik merupakan kategori terbaru yang kita dapatkan. Raihan ini memberikan tantangan bagi kita untuk terus memperbaiki dalam menuju smartcity terutama persoalan-persoalan yang terkait dengan masyarakat cerdasnya, terkait dengan lingkungan kemudian yang terkait dengan Kota yang memiliki ketangguhan. Saya melihat ketiga hal tadi menjadi PR besar, mudah-mudahan kedepan semakin membaik,”kata Wawali.

Sementara, Kepala Pusat Inovasi Kota dan Komunitas Cerdas (PIKKC) ITB Suhono Harso Supangkat, mengatakan riset yang diselenggarakan pihaknya sebagai bentuk dari keseriusan ITB dalam membantu meningkatan perkembangan kota-kota di Indonesia. Tentunya melalui kajian mengenai gambaran kota-kota di Indonesia dalam mengelola kota untuk menyelesaikan permasalahan kota dengan efektif dan efisien.


Sehingga sambung dia, Melalui riset tadi setidaknya pihaknya bisa mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap layanan kota yang telah disediakan serta kemudahannya.

Untuk diketahui,  kota Samarinda sendiri masuk dalam klasifikasi Kota Sedang. Dengan meraih 4 predikat yakni sebagai kota dengan Ekonomi Cerdas, Kota dengan Kesehatan Cerdas, Kota dengan Perhatian Terhadap Perubahan Iklim dan yang terakhir Kota dengan Kesiapan Digital Terbaik. (FER/CHA/KMF-SMD)