TOP NEWS

Top

Jadi Inspektur Upacara HUT RI, Wali Kota Ajak Hormati Jasa Para Pahlawan

Jadi Inspektur Upacara HUT RI, Wali Kota Ajak Hormati Jasa Para Pahlawan

SAMARINDA. KOMINFONEWS – Wali Kota Samarinda Dr H Andi Harun menjadi Inspektur Upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI) di Lapangan Parkir Balai Kota Samarinda, Selasa (17/8/2021) pagi. Para pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) juga tampak hadir di tempat yang disediakan. Namun karena masih dalam suasana pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), maka diberlakukan pembatasan peserta upacara. 

Di antaranya camat se-Kota Samarinda beserta TNI-Polri. Selain itu, ada pula Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dan tamu undangan lainnya yang mengikuti upacara secara virtual (video conference).


Ditemui usai upacara, Andi Harun mengatakan semakin banyak momentum di beberapa tempat melaksanakan peringatan HUT ke-76, maka semakin bagus dan juga sebagai salah satu alasan agar seluruh jajaran Pemkot bisa mengikuti peringatan tersebut baik yang hadir secara langsung di lapangan maupun secara virtual. 

Bahkan ia menyampaikan Pemkot telah menyebarkan link ke media sosial seperti youtube dan zoom meeting bagi seluruh elemen masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan tersebut. Di bagian akhir,  dilakukan penyematan satya lencana untuk sejumlah pegawai di lingkungan Pemkot Samarinda.


“Bersamaan dengan pelaksanaan ini,  kita imbau agar semua aktivitas warga berhenti sejenak untuk mengenang detik-detik Poklamasi sebagai bentuk rasa syukur dan ungkapan rasa hormat kita atas jasa-jasa para pahlawan melalui perjuangan mereka,” ujar Andi Harun.

Ditanya soal kesan saat melihat Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang baru pertama kali dikukuhkan di Kota Samarinda itu, Andi Harun menyatakan kebanggaannya. Orang nomor satu di Kota Samarinda ini juga mengaku saat di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), ia juga pernah terpilih sebagai salah satu anggota Paskibra.


“Perfecto, sungguh saya sangat senang dan bangga melihat Paskibra tadi. Mereka dapat menjalankan tugasnya dengan sangat baik dan sangat disipilin. Semoga ini menjadi pemicu bagi siswa-siswa di Kota Samarinda untuk semakin mencintai Merah-Putih, semakin empati terhadap perjuangan para pahlawan kita. Saya sangat apresiasi,” ungkapnya. (FER/HER/KMF-SMD)