TOP NEWS

Top

Digitalisasi Bahan Pangan BI Kaltim, Wawali Nilai Bersinergi dengan Program Pro Bebaya

Digitalisasi Bahan Pangan BI Kaltim, Wawali Nilai Bersinergi  dengan Program Pro Bebaya

SAMARINDA. KOMINFONEWS - Dalam menjaga kestabilan Inflasi di Kota Samarinda Gubernur BI Perwakilan Kalimantan Timur, Tutuk S.H Cahyono kembali mengadakan Rapat Koordinasi TPID Kota Samarinda di ruang Harvard, Balai Kota Samarinda, Senin (20/09/2021).

Kota Samarinda menjadi Kawasan yang sangat strategis, karena menjadi penghubung untuk 7 Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur dalam menyangga bahan pangan, hal tersebut yang menarik perhatian Gubernur BI Kaltim ini.

Dalam kunjungannya tersebut, Tutuk  menwarkan Program Kios Inflasi Digital yang sejalan dengan amanat Presiden RI, Joko Widodo dalam Rakornas TPID Nasional yang menyangkut digitalisasi bahan pangan.

"Dalam mengurangi Inflasi Daerah solusi yang dikemukakan oleh pak presiden Jokowi bisa kita wujudkan, bagaimana bahan pangan bisa memasuki dunia digital dan terasa manfaatnya bagi masyarakat,” ujar Tutuk.

Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur ini sudah memenangkan TPID Award sebanyak 5 Kali, Tutuk berharap gagasan digitalisasi bahan pangan bisa membuat Kota Samarinda tidak hilang taringnya dalam menjaga Inflasi daerahnya.

Sementara Wakil Wali Kota Samarinda Dr H Rusmadi menyambut baik gagasan Gubernur BI Kaltim tersebut.

"Saya sangat setuju dengan gagasan dari pak Tutuk, kita bisa saling bersinergi. Kebetulan program Wali Kota kita, Bapak Dr H Andi Harun membentuk Badan Usaha Milik RT yang akan disuntikkan dana dari Pemerintah Rp100-300 juta, tentunya dengan kehadiran komunitas-komunitas yang dibentuk oleh BI Kaltim bisa sangat memberdayakan masyarakat sekaligus mencegah inflasi daerah, karena ini pun berbasis digital, Smart City kita pun berjalan dan program-program unggulan Pemkot lainnya,” sambut Rusmadi.

Di kesempatan itu, Rusmadi pun menyampaikan dalam program Kota Samarinda bersih sampah akan mengagas Pemanfaatan Limbah Plastik secara besar-besaran untuk menjadikan industri bahan bakar Solar setara Dexlite milik Pertamina. (HIR/DON/ KMF-SMD)