TOP NEWS

Top

Jaang Lega Proyek Pengendalian Banjir di BWS Tetap Jalan

Jaang Lega Proyek Pengendalian Banjir di BWS Tetap Jalan

SAMARINDA. Realokasi dan refocusing APBN untuk penanganan Covid-19 ternyata tidak berdampak dengan proyek pengendalian banjir yang dikerjakan Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III Kementerian PUPR di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Ini membuat Walikota Samarinda, Syaharie Jaang lega karena persoalan banjir terus menghantui ibukota Kaltim.

 

“Alhamdulillah tidak stop proyeknya. Semoga proyek-proyek yang dikerjakan BWS untuk pengendalian banjir di Kota Samarinda bisa memberikan hasil,” ungkap Jaang ketika menerima audiensi Kepala BWS Kalimantan III, Anang Muchlis di ruang VIP Rumah Jabatan Walikota, Selasa (9/6).

 

Jaang mengakui sangat berharap besar dukungan dari BWS karena untuk menangani banjir dibutuhkan dukungan semua pihak, baik APBD Provinsi maupun yang bersumber dari APBN atau lewat Kementerian.

Dalam pertemuan itu Anang yang didampingi Kepala Satker Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) Zulfi Fakhroni dan PPK Barang Milik Negara (BMN) Syahli menyampaikan memang tidak ada penghentian proyek pengendalian banjir di BWS Kalimantan III di wilayah Samarinda.

 

“Alhamdulillah Pak Jaang tetap jalan semua, baik pengerukan Waduk Benanga, proyek kolam retensi Sempaja dan Perkuatan tebing SKM,” sebut Anang yang dalam pertemuan itu sekaligus pamitan karena promosi jabatan sebagai Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Bandung, Jawa Barat.

 

Walaupun sudah tak menjabat Kepala BWS Kalimantan III lanjut Anang, dirinya masih komitmen mengawal program pengendalian banjir Kota Samarinda, terutama review masterplan pengendalian banjir yang saat ini pengerjaannya masih di tangan konsultan.

 

“Paling lama satu bulan kedepan kita akan mengundang semua pihak bersama Pak Walikota beserta jajarannya yang bisa memberikan masukan dan menawarkan konsep masterplan terkini. Hasilnya dipakai untuk panduan pengendalian banjir Samarinda. Nanti saya juga hadir melalui video conference. Saya akan support walaupun sudah pindah tugas,” ucap Anang semangat.

 

Dalam kesempatan itu dia juga menyampaikan rencana dukungan BWS Kalimantan III untuk membangun taman mini di atas lahan Pemkot di Polder Air Hitam.

 

“Mohon izin Pak Wali agar kami bisa membangun taman di Polder Air Hitam,” pinta Anang yang direspon positif Syaharie Jaang.

 

“Silahkan aja dibuat taman biar indah dan tidak kumuh. Pak Hero (Kadis PUPR) tolong dibantu ini administrasinya. Bersyukur kita ada yang membangunkan taman,” timpal Walikota yang didampingi Asisten II, Nina Endang Rahayu.

(don/red/kmf-smd)